Indosat Banking AI Day Berdayakan Sektor Perbankan dan Keuangan Melalui AI

Indosat Banking AI Day Berdayakan Sektor Perbankan dan Keuangan Melalui AI

--

JAKARTA, radartegal.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mempersembahkan “Banking AI Day” sebagai komitmennya untuk mendukung AI yang berdaulat di Indonesia.

“Banking AI Day” sebuah forum pelopor yang dirancang untuk membentuk masa depan perbankan dan layanan keuangan di Indonesia melalui kekuatan transformatif kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Acara ini bertujuan untuk menginspirasi, melibatkan, dan mendorong inovasi, serta memosisikan Indonesia sebagai pemain utama dalam komunitas AI global.

Banking AI Day melibatkan berbagai pihak penting, termasuk Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta lembaga keuangan perbankan terkemuka.

BACA JUGA: Rayakan Harpelnas 2024, Indosat Ooredoo Hutchison Tebar Promo Bagi Pelanggan, Berikut Daftarnya

BACA JUGA: Paruh Pertama 2024, Indosat Bukukan Laba Bersih Rp2,7 Triliun

Forum ini juga menekankan pentingnya adopsi AI di seluruh industri perbankan dan layanan jasa keuangan.

Dengan mengadopsi AI ke dalam proses bisnis inti, lembaga keuangan dapat sepenuhnya mengoptimalkan potensi ekonomi digital Indonesia.

Destry Damayanti, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, mengatakan, Indonesia memiliki potensi terbesar dalam pertumbuhan ekonomi digital di kawasan ASEAN.

Inisiatif seperti Banking AI Day sangat penting untuk mempercepat langkah kami serta memastikan bahwa sektor keuangan Indonesia tetap kompetitif di tingkat global, ucap Destry.

BACA JUGA: RUPST Tahun 2024, Indosat Bagikan Dividen Laba Bersih 2023 Hingga Rp2,16 Triliun

BACA JUGA: Indosat Dukung Digitalisasi Global Melalui Workshop Global ITU

Vikram Sinha, Direktur Utama dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menyampaikan visinya, tujuan utama Indosat adalah memberdayakan Indonesia.

Banking AI Day merupakan bukti nyata dari komitmen kami untuk mengubah sektor perbankan menjadi salah satu pilar utama pengembangan ekonomi Indonesia.

Dengan AI di genggaman kami, kami yakin dapat membuka peluang tanpa batas, mendorong Indonesia menuju pencapaian Visi Indonesia Emas 2045,” tutur Vikram.

Peran Indosat dalam transformasi ini tidak hanya sebatas pada penyelenggaraan acara Banking AI Day.

BACA JUGA: Kuartal I 2024, Indosat Ooredoo Hutchison Raih Pendapatan Rp13 Miliar

BACA JUGA: Indosat Berkolaborasi dengan NVIDIA Ciptakan Infrastruktur AI Berdaulat

Namun juga melalui ekosistem teknologi komprehensifnya, termasuk Pusat Data canggih oleh BDx Indonesia yang memiliki total kapasitas IT 150MW+ di sepuluh fasilitas kolokasi netral operator di Indonesia.

Selain itu, Lintasarta akan menghadirkan pabrik AI (AI Factory) ke dalam ekosistem ini melalui GPU Merdeka yang didukung oleh NVIDIA, sebagai cloud AI berdaulat terdepan, serta berbagai inisiatif berbasis AI lainnya.

Indosat tidak hanya memimpin transformasi “TechCo” yang berbasis AI tetapi juga memberdayakan ekosistem startup Indonesia yang dinamis.

Dengan mendorong inovasi, meningkatkan keamanan data, serta mengembangkan talenta lokal, Indosat berkontribusi menciptakan masa depan di mana startup dan lembaga keuangan Indonesia dapat berkembang di tengah persaingan global dalam bidang AI. (*)

Sumber: