Pasien Mpox Meninggal Dunia di RSCM, Total Kasus Capai 57 Orang

Pasien Mpox Meninggal Dunia di RSCM, Total Kasus Capai 57 Orang

Ilustrasi Mpox-Tangkapan Layar-

RADAR TEGAL- Kasus Mpox atau Monkeypox (cacar monyet) di Indonesia harus menjadi perhatian serius. Apalagi seorang pasien diketahui meninggal di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dengan indikasi tertular penyakit tersebut. 

Pasien Mpox tersebut meninggal dunia usai mendapatkan perawatan intensif selama dua pekan di RSCM Jakarta. Namun, sebelumnya pasien sudah dirawat di RSPI Sulianti Saroso dan rumah sakit lainnya.

Dia ternyata sudah dirawat selama kurang lebih 3-4 minggu di rumah sakit lain dengan indikasi tertular Mpox. Pasien dirujuk ke RSCM karena memiliki masalah di pencernaan di mana terjadi sumbatan di usus dan harus dioperasi di RSCM.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM, Dr dr Lie Khie Chen, Sp.PD-KPTI pada, Kamis 23 November 2023 mengungkap kondisi pasien Mpox sebelum meninggal.

BACA JUGA:Kasus Cacar Monyet Mulai Merebak, Catat Gejala dan Cara Penularannya di Sini!

“Ada satu kasus di RSCM meninggal, tapi bukan karena Mpox, tapi karena penyebab lain yang sangat kompleks,” ucap dr Lie Khie Chen.

Menurutnya, saat dirujuk ke RSCM, pasien sudah masuk dengan kondisi komorbid yang berat dan pasien yang dirawat sudah mengalami komplikasi dan harus menjalani operasi di RSCM. 

Pasien juga mengalami sumbatan usus kecil dan HIV positif dengan CD 4 yang sangat rendah (CD4=6).

“Pasca operasi kondisi pasien cukup stabil, namun karena adanya komorbid lainnya, dan juga adanya kondisi lesi yang cukup banyak dan berat sehingga terjadi komplikasi, sehingga setelah 2 minggu perawatan terjadi komplikasi di paru dan pasien tidak tertolong,” jelas dr Lie Khie Chen.

BACA JUGA:Waspadai Penyakit Cacar Monyet: Gejala dan Cara Mengobati yang Tepat, Cek Selengkapnya!

Kendati ada kasus kematian pada pasien Mpox tidak serta merta meningkatkan fatalitas kasus Mpox. Hal ini disebabkan kondisi setiap pasien berbeda dan memiliki kondisi penyakit penyerta yang bebeda.

Total kasus 57 pasien

Secara Nasional tercatat hingga 22 November 2023 sebanyak 57 pasien konfirmasi Mpox di Indonesia sejak pertama kali dilaporkan pada 22 November 2023. 

Pasien Mpox didominasi di DKI Jakarta sebanyak 42 pasien, diikuti Banten sebanyak 6 kasus, Jawa Barat sebanyak 6 kasus, Jawa Timur sebanyak 2 kasus, dan Kepulauan Riau sebanyak 1 kasus.

Sumber: