Kasus Cacar Monyet Mulai Merebak, Catat Gejala dan Cara Penularannya di Sini!

Kasus Cacar Monyet Mulai Merebak, Catat Gejala dan Cara Penularannya di Sini!

Ilustrasi cacar monyet-Tangkapan Layar-

RADAR TEGAL- Kasus cacar monyet atau Monkeypox virus (MPXV) kembali menjadi bahan perbincangan beberapa hari terakhir. Hal ini setelah munculnya kembali kasus ini di Indonesia. 

Kemunculan kasus ini di Indonesia tercatat pertama kali pada 20 Agustus 2022. Lalu di tanggal 13 Oktober 2023 lalu, muncul lagi laporan kasus cacar monyet. 

Penularannya selain dari hewan ke manusia, kasus cacar monyet juga bisa menyebar dari manusia ke manusia. Karenanya, semua orang perlu mewaspadai penularan penyakit ini. 

Sebagai langkah antisipasi dan kehati-hatian, tentunya kita perlu mengetahui gejala dan cara penularan kasus cacar monyet ini. Pastikan untuk menyimak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

BACA JUGA:Waspadai Penyakit Cacar Monyet: Gejala dan Cara Mengobati yang Tepat, Cek Selengkapnya!

Penyebab kasus cacar monyet

Menurut data yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, telah terkonfirmasi sebanyak 14 kasus cacar monyet di Indonesia hingga tanggal tersebut. Hal itu terungkap dalam konferensi pers pada 26 Oktober 2023.

Dari 14 kasus konfirmasi ini, sekitar 64 persen di antaranya berusia 25-29 tahun, sementara sisanya berusia 30-39 tahun. 

Selain kasus terkonfirmasi, terdapat dua kasus probable yang mengalami gejala dan memiliki kontak dengan pengidap cacar monyet, namun saat ini sudah sembuh.

Selanjutnya, ada sembilan kasus suspek yang telah menjalani pengambilan uji sampel, dan saat ini menunggu hasil pemeriksaan. Secara global, dari 21 Januari 2022 hingga 30 September 2023, dilaporkan sebanyak 91.123 kasus cacar monyet.

BACA JUGA:Pasien Cacar Monyet Pertama Indonesia Keluhkan Ruam dan Cacar di Bagian Alat Kelamin

Penyebab kasus cacar monyet sendiri adalah Monkeypox virus (MPXV), termasuk dalam genus Orthopoxvirus, yang merupakan bagian dari keluarga Poxviridae, mirip dengan virus penyebab smallpox.

Penularan penyakit ini terjadi melalui binatang (zoonosis). Namun gejalanya cenderung lebih ringan.

Penyebaran virus cacar monyet

Sumber: