Sejumlah Desa Satu Kecamatan di Brebes Kenalkan Jajanan Tradisional di Momen HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Sejumlah Desa Satu Kecamatan di Brebes Kenalkan Jajanan Tradisional di Momen HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Dimomen Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79, sejumlah komen spesial dilakukan oleh masyarakat Indonesia.(Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Di momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), sejumlah momen spesial dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya melestarikan jajanan tradisional yang dilakukan oleh sejumlah desa di Kecamatan Losari.

Camat Losari M. Faizin mengatakan, selain menggelar upacara bendera, momen HUT RI ke-79 juga dijadikan momen untuk tetap mengenalkan jajanan tradisional ke masyarakat umum.

 

"Memang momen utama HUT RI identik dengan upacara, namun kami berupaya dalam melestarikan jajanan tradisional lewat perlombaan yang diikuti oleh seluruh desa di Kecamatan Losari," ujarnya, Minggu 18 Agustus 2024.

 

Faizin menjelaskan, makanan tradisional yang dilombakan bukan berbahan dasar beras. Sehingga, makanan tradisional ini sehat.

 

BACA JUGA: HUT ke-79 RI, Pemkab Tegal Gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Purakusuma

 

BACA JUGA: Sambut HUT Kemerdekaan RI, 149 Penghuni Lapas Tegal Diusulkan Dapat Remisi

 

"Jajanan tradisional yang dilombakan jenisnya sangat bermacem-macem, yang jelas berbahan baku non beras. Selain sehat, makanan yng dilombakan juga sangat baik untuk kesehatan," terangnya.

 

Makanan tradisional yang dilombakan, kata dia, puding rumput laut, nagasari, kue putu, klepon, dongkal, cetot dan pia tela. Sedangkan untuk minumannya wedang jahe, beras merah, wedang telang,  dan es lidah buaya.

 

"Jadi semua yang dilombakan insyaallah sangat sehat bagi warga. Dan yang menjadi Juara I tadi yakni TP PKK Bojongsari dengan menu yang bernilai gizi serta kreativitas es lidah buaya," ucapnya.

 

Sementara itu, Kepal Desa Babakan, Kecamatan Losari Cahyoto Imanudin yang menjadi tuan rumah dalam HUT RI tingkat kecamatan menerangkan kalau lomba makanan tradisional ini diikuti 22 desa yang ada di Losari.

 

"Penyelenggara adalah panitia HUT ke-79 RI tingkat Kecamatan Losari. Sedangkan tim penilainya dari unsur kesehatan dari tiga puskesmas di wilayah Losari dan TP PKK kecamatan," pungkasnya.

 

Sumber: