Bunga Pinjol di Indonesia Terbilang Rendah, Ini Perbandingannya dengan Malaysia, Thailand, dan Filipina

Bunga Pinjol di Indonesia Terbilang Rendah, Ini Perbandingannya dengan Malaysia, Thailand, dan Filipina

RENDAH - Perbandingan bunga pinjol antara Indonesia dengan negara-negara tetangga, ternyata masih lebih ringan.--

Lalu di negara Thailand, penyelenggaraaan bisnis LPBBTI-nya diatur oleh Bank of Thailand, bank sentral Thailand. Adapun di tahun 2019 tepatnya pada 29 April 2019, Bank of Thailand mengeluarkan Notification 4/2562, produk hukum pertama yang mengatur perihal industri LPBBTI di Thailand.

BACA JUGA: Alhamdulillah Bunga Pinjol Turun di Tahun 2024 menjadi 0,3 persen, Ini Dampak dan Risiko yang akan Terjadi?

Adapun regulasi yang diatur pada saat itu terkait dengan bunga pinjaman. Berdasarkan regulasi itu juga, bunga pinjaman yang dikenakan oleh penyelenggara LPBBTI mesti sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur oleh Civil and Commercial Code of Thailan.

Ketentuan tersebut melarang setiap penyelenggara LPBBTI mengenakan bunga pinjaman melebihi nilai 15% per tahun. Adapun batasan tersebut berlaku untuk semua pinjaman, termasuk pinjaman produktif dan konsumtif.

Namun dalam hal pinjaman yang digunakan untuk keperluan bisnis, limit kredit tidak boleh melebihi 50 juta Baht. Sementara jika pinjaman digunakan untuk keperluan sendiri, maka besaran batas kredit bergantung pada pendapatan pihak peminjam.

BACA JUGA: 5 Alasan Bunga Pinjol Turun Justru Bisa Berdampak Buruk untuk Nasabah dalam Jangka Panjang

4. Filipina

Untuk negara Filipina, OJK mengatakan jikalau penyelenggaraaan Penggalanan dana bersama dengan negara yang terkenal dengan julukan mutiara laut dari Orien tersebut, termasuk penggalangan dana berbasis pinjaman yang diatur dalam Memorandung Circular No14 (2019) yang telah diterbitkan secara resmi oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Filipina.

Adapun dalam regulasi tersebut, tidak diatur perihal batas maksimum manfaat finansial yang dikenakan kepada pihak penerima dana. Sedangkan untuk mengatur batas besaran bunga nominal pada platform pinjaman pinjaman daring yang dimiliki batasnya adalah 6%/bulan.

Sedangkan besaran bunga efektifnya adalah 15%/bulan yang juga berlaku untuk pinjaman umum tanpa agunan dengan besaran pinjaman yang tidak boleh melebihi 10.000 peso.

BACA JUGA: OJK Resmi turunkan Bunga Pinjol Per Hari, Pinjam Uang Hari Ini Bayar sampai Tahun Depan

5. Inggris

Perbandingan bunga pinjol RI yang terakhir adalah dengan negara Ingrris yang model bisnis pinjolnya diatur oleh FCA atau Financial Conduct Authority dalam Policy Statement nomor PS19/14.

Adapun ketentuan itu tidak mengatur batasan-batasan seperti biaya pinjaman dan yang lainnya, namun biaya pinjaman LPBBTi di negara itu mengacu pada ketentuan price cap on highcost Policy Statement nomor PS14/16/

Ketentuan tersebut juga mengatur batasan maksimum biaya pinjaman sebesar 0,8% per hari, biaya denda maksimal £15 (setara ~ Rp285.000). Selain itu, penerima pinjaman dilarang membayar melebihi 100% dari jumlah pinjaman.

Sumber: