Banyak Gen Z Terjerat Lingkaran Pinjol, Ternyata Ini Penyebabnya

Banyak Gen Z Terjerat Lingkaran Pinjol, Ternyata Ini Penyebabnya

HATI-HATI! - Berikut Kesalahan yang Sering Dilakukan GenZ saat Melakukan Pinjol--

Radartegal.id - Generasi Z, atau yang biasa dikenal dengan sebutan Gen Z, adalah kelompok yang tumbuh dan berkembang di era digital. Sayangnya, kemudahan itu justru membuat banyak dari Gen Z yang terjerat lingkaran pinjol.

Kemudahan akses teknologi dan internet memang membuat mereka sangat akrab dengan berbagai aplikasi. Termasuk layanan pinjaman online atau pinjol tersebut.

Namun, bak 2 sisi mata uang, hal itu justru membuat Gen Z terjerat lingkaran pinjol. Lalu apa sebabnya?

Untuk mengetahui penyebabnya, simak tulisan ini sampai akhir. Dengan memahami diharapkan para Gen Z bisa melakukan antisipasi agar tidak terjerat dalam lingkaran pinjol dan menghadapi masalah finansial yang serius akibat hutang yang menumpuk.

BACA JUGA: Keuntungan Menggunakan Paylater BCA, Lebih Fleksibel dari Pinjol dan Untungnya Sangat Banyak

BACA JUGA: Pinjol Bunga Rendah Adakami, Hadir Sebagai Satu Solusi Keuangan

Penyebab utama banyak Gen Z terjerat lingkaran pinjol

1. Kemudahan Akses Pinjaman Online

Salah satu faktor utama yang membuat Gen Z rentan terjerat pinjol adalah kemudahan akses yang ditawarkan oleh layanan ini. Hanya dengan beberapa klik di smartphone, mereka bisa mendapatkan pinjaman dalam waktu singkat, tanpa perlu melalui proses panjang seperti di lembaga keuangan tradisional.

Proses yang cepat dan persyaratan yang minimal, seperti hanya memerlukan KTP dan nomor ponsel, membuat pinjol menjadi pilihan yang menarik. Terutama bagi mereka yang membutuhkan uang cepat.

Kemudahan ini seringkali membuat Gen Z tergoda untuk mengajukan pinjaman tanpa mempertimbangkan kemampuan mereka dalam melunasi utang tersebut. Akibatnya, banyak dari mereka yang akhirnya terjebak dalam siklus utang yang sulit dihindari.

2. Minimnya Literasi Tentang Keuangan

Literasi keuangan yang rendah juga menjadi salah satu penyebab mengapa Gen Z mudah terjerat pinjol. Banyak dari mereka yang tidak memiliki pemahaman yang cukup tentang manajemen keuangan, termasuk bagaimana cara mengelola utang dengan bijak.

BACA JUGA: Bukan untuk Kebutuhan Komsumtif, 8 Pinjol Bunga Rendah Ini Cocok untuk Modal Usaha

BACA JUGA: Alasan Aplikasi Pinjol Kredivo Jadi Incaran, Sistem Bunga Rendah dan Pendaftaran Mudah

Sumber: