Gangguan Sistem, Ratusan Warga Kota Tegal Terancam Gagal Bayar Pajak Motor

Gangguan Sistem, Ratusan Warga Kota Tegal Terancam Gagal Bayar Pajak Motor

ANTRE- Ratusan warga Kota Tegal terancam gagal bayar pajak motor hari ini, Rabu, 7 Agustus 2024.-Agus Wibowo-Radartegal.disway.id

TEGAL, radartegal.id- Gara-gara gangguan sistem online di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPAD) Jawa Tengah, ratusan warga Kota Tegal terancam gagal bayar pajak motor hari ini, Rabu, 7 Agustus 2024. Sistem pelayanan yang bermasalah membuat banyak wajib pajak gagal mengurus pajak kendaraan bermotor.

Ratusan warga Kota Tegal yang hendak membayar pajak bermotor di Pelayanan publik Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Samsat Kota Tegal terpaksa harus menunggu sejak pukul 08.00 wib hingga sekarang. 

Salah satu warga Kota Tegal yang hendak membayar pajak, Iwan mengaku dirinya datang ke Samsat Tegal sekitar pukul 08.15 WIB. Kendati demikian, dirinya terpaksa menunggu dan belum mendapatkan pelayanan lantaran sistem onlinenya masih bermasalah.

"Ya padahal saya sengaja ke sini awal, karena saya memang beraktivitas di Jakarta. Dan ini sengaja pulang untuk mengurus pajak. Namun ternyata error," ungkapnya.

BACA JUGA: Kelewat Gesit, Petugas Cap Stempel Samsat Kota Tegal Bikin Kagum Pengunjung: Apa ga Bingung?

BACA JUGA: Pemprov Jateng Luncurkan Samsat Corporate, Pj Gubernur: Karyawan Tak Perlu Lagi Izin untuk Urus Pajak Motor

Hal ini diakui Kasi Pajak Kendaraan Bermotor Samsat Kota Tegal Hery Berthus. Dia mengakui bahwa sistem pelayanan tengah error dan kali ini cukup parah. 

Sebab sejak dibuka pelayanan, sampai sekarang belum normal. Sehingga wajib pajak yang antre untuk membayar pajak motor sejak pagi pun membludak. 

"Karena biasanya, error-nya hanya 10-15 menit saja dan kembali normal. Namun kali ini sudah berjam-jam," ungkapnya. 

Menurutnya, tertundanya pelayanan pajak kendaraan bermotor itu, disebabkan adanya persoalan sistem online yang error atau rusak di Provinsi Jawa Tengah. Jadi bukan hanya Samsat Tegal saja yang mengalami error.

BACA JUGA: Beri Kemudahan Bayar Pajak, Ganjar Luncurkan Samsat Budiman Gandeng BUMDes

BACA JUGA: Samsat Digital Segera Diujicobakan, Bayar Pajak Cukup Klik dari Handphone Anda

Sumber: