5 Kesalahan Umum dalam Merawat Mobil Listrik dan Cara Menghindarinya Agar Kesayangan Tetap Prima

5 Kesalahan Umum dalam Merawat Mobil Listrik dan Cara Menghindarinya Agar Kesayangan Tetap Prima

MOBIL LISTRIK- Seperti kendaraan lainnya, merawat mobil listrik juga harus dilakukan untuk menjaga performanya.-Dokumen-Radartegal.disway.id

Kesalahan kedua dalam merawat mobil listrik yang sering terjadi adalah mengabaikan sistem pendingin pada mobil listrik. Padahal sistem ini berfungsi untuk menjaga suhu komponen utama seperti motor listrik dan baterai.

BACA JUGA: Eksklusif! Honda E Meluncur di Indonesia, Mobil Listrik Kompak dengan Desain Ikonik dan Teknologi Pintar

BACA JUGA: 7 Perbedaan Karakteristik Mobil Hybrid dan Bensin serta Perawatannya, Pemula Wajib Simak

Banyak pemilik yang tidak menyadari bahwa mobil listrik juga memerlukan perawatan rutin pada sistem pendinginnya. Misalnya, mengganti cairan pendingin secara berkala dan memeriksa kebocoran pada selang atau radiator.

Untuk menghindari masalah ini, ikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan oleh pabrikan, periksa secara berkala level cairan pendingin dan kondisi selang, serta pastikan sistem pendingin berfungsi dengan baik untuk mencegah overheat yang dapat merusak komponen utama mobil listrik Anda.

3. Menggunakan Charger yang Tidak Sesuai

Kesalahan umum ketiga adalah penggunaan charger yang tidak sesuai atau berkualitas rendah, yang dapat merusak baterai mobil listrik. Banyak orang tergiur dengan harga charger murah tanpa memperhatikan spesifikasi dan keamanannya.

Padahal penggunaan charger yang tidak sesuai dapat menyebabkan pengisian daya yang tidak stabil, overcharging, atau bahkan risiko kebakaran. Untuk menghindari kesalahan ini, selalu gunakan charger yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil listrik Anda.

BACA JUGA: Jangan Sampai Rusak! Harga Baterai Mobil Listrik Memang Cukup Menguras Kantong

BACA JUGA: Mobil Listrik BYD Seal, Desain Menawan dengan Performa Maksimal bak Hypercar

Pastikan charger tersebut memiliki sertifikasi keselamatan yang sesuai. Hindari penggunaan adaptor atau kabel ekstensi yang tidak memenuhi standar.

4. Tidak Memperbarui Perangkat Lunak

Perangkat lunak pada mobil listrik memainkan peran penting dalam mengelola berbagai fungsi kendaraan, termasuk pengelolaan baterai, sistem pendingin, dan fitur keselamatan. Kesalahan merawat mobil listrik keempat yang sering terjadi adalah tidak memperbarui perangkat lunak secara berkala.

Padahal pembaruan perangkat lunak sering kali mencakup perbaikan bug, peningkatan efisiensi, dan fitur baru yang dapat meningkatkan kinerja dan keamanan mobil listrik. Untuk menghindari kesalahan ini, selalu periksa apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia dan lakukan pembaruan sesuai petunjuk pabrikan.

Banyak pabrikan yang menyediakan pembaruan perangkat lunak secara otomatis atau melalui aplikasi. Sehingga Anda dapat dengan mudah memastikan mobil listrik Anda selalu menggunakan versi perangkat lunak terbaru.

Sumber: