7 Perbedaan Karakteristik Mobil Hybrid dan Bensin serta Perawatannya, Pemula Wajib Simak

7 Perbedaan Karakteristik Mobil Hybrid dan Bensin serta Perawatannya, Pemula Wajib Simak

7 perbedaan karakteristik mobil hybrid dan bensin-freepik-

Radartegal.id – Kenali 7 perbedaan karakteristik antara jenis mobil hybrid dan bensin, serta perawatannya. Utamanya bagi kaum awam di dunia otomotif, baik yang sudah memiliki atau baru akan membeli mobil.

Perbedaan karakteristik mobil hybrid dan bensin cukup signifikan. Baik dari sistem pacunya, perawatan mesin, sampai ke sistem pengeremannya yang berbeda.

Penting untuk tahu apa saja perbedaan karakteristik mobil hybrid dan bensin agar tidak salah dalam perawatan, serta penggunaannya. Ini juga demi membuat mobil tetap prima dan awet untuk penggunaan jangka panjang.

Penjelasan selengkapnya di bawah 7 perbedaan karakteristik mobil hybrid dan bensin yang bisa Anda tahu. Simak pembahasannya sampai akhir.

BACA JUGA: Mesin Tiba-tiba Ngadat, Begini Cara Mudah untuk Mengetahui Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

BACA JUGA: Jadi Rebutan di Pasar Mobil Bekas, Ini 3 Alasan Utama Honda Jazz GE8 Pantas Dibeli Dibanding Yaris Bakpao

7 Perbedaan karakteristik mobil hybrid dan bensin

Perbandingan jenis mobil hybrid dan bensin terletak di beberapa komponennya yang berbeda. Berikut di antaranya. 

1. Sistem Pemacu 

Mobil hybrid memiliki 2 sumber daya utama yaitu mesin bensin dan motor listrik. Di sisi lain, mobil bensin hanya mengandalkan mesin bensin sebagai sumber daya utama. 

Oleh karenya, mobil hybrid memiliki komponen tambahan seperti motor listrik, inverter, dan baterai yang memerlukan perawatan khusus. Namun tenaganya tentu lebih baik karena adanya komponen-komponen tambahan tadi.

2. Rem Regeneratif 

Bedanya mobil hybrid dan bensin selanjutnya yaitu dari sistem pengeremannya. Mobil hybrid biasanya dibekali dengan sistem rem regeneratif, yang memanfaatkan energi kinetik saat mobil melambat atau berhenti untuk mengisi ulang baterai. 

BACA JUGA: Mengganti Push Belt dengan Chain Belt pada Mobil CVT, Apakah Bisa Dilakukan?

Sumber: