Muscab ke XI, Pj Bupati Brebes: Pramuka Harus Diberi Pelatihan TI dan Hukum

Muscab ke XI, Pj Bupati Brebes: Pramuka Harus Diberi Pelatihan TI dan Hukum

Anggota pramuka harus dibekali pelatihan Teknologi Informasi (TI) dan Hukum. Hal itu disampaikan oleh Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar saat membuka Muscab ke XI Kwarcab Brebes di Sanggar Pramuka setempat, Rabu 31 Juli 2024.(istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Anggota pramuka harus dibekali pelatihan Teknologi Informasi (TI) dan Hukum. Hal itu disampaikan oleh Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar saat membuka Muscab ke XI Kwarcab Brebes di Sanggar Pramuka setempat, Rabu 31 Juli 2024.

Pj Bupati menyebutkan, kalau TI dan pengetahuan hukum merupakan dua formulasi untuk menjawab tantangan zaman saat ini. Dan gerakan pramuka di Kabupaten Brebes perlu menguasainya.

 

"Kalau boleh saran kepada siapa pun yang terpilih, nanti ditambah dua unsur pelatihan TI dan hukum, saya mengharapkan kakak-kakak ini mampu untuk melakukan kegiatan yang sifatnya kebutuhan terkini," ungkapnya.

 

Dia menerangkan, kalau kedua informasi tersebut baik TI dan hukum sangat dibutuhkan mengingat zaman telah berubah dan ada tahapan mencari kebenaran atas suatu posisi. Karena dalam teori hukum ada istilah hukum telah menemukan bentuknya sendiri, yang dikhawatirkan sekarang yaitu tidak legal standing tapi ditemukan melalui media sosial.

 

BACA JUGA: Sekolah Tidak Boleh Jual Seragam, Pj Bupati Brebes: Beli Sendiri-sendiri Sesuai Selera

 

BACA JUGA: Hadir di Peringatan Satu Dasawarsa UU Desa, Ini Pesan Pj Bupati Brebes

 

"Saya meminta kepada kakak-kakak andalan yang ada di Brebes supaya menjadi agen perubahan dalam suatu memberikan kebenaran di tengah masyarakat," tuturnya.

 

Dalam hal ini, dia berharap gerakan pramuka juga bisa menghasilkan inovasi program agar bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan pemkab dalam mengatasi persoalan di Brebes. Seperti kemiskinan, kesehatan dan pendidikan.

 

"Selamat bermusyawarah, semoga menghasilkan kemufakatan yang baik, siapa nanti ketua dan pengurusnya nanti dibantu supaya permasalahan terkait kepramukaan juga bisa diatasi," pungkasnya.

 

Ketua Kwarda Jawa Tengah S Budi Prayitno diwakili Gunawan Surendra menyampaikan, kondisi zaman sekarang semua serba cepat dan instan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi juga akan membawa pengaruh negatif pada kondisi anak muda di Indonesia.

 

BACA JUGA: Pj Bupati Brebes Ajak Generasi Muda Mengingat Perjuangan Para Pendiri Bangsa

 

BACA JUGA: Jaga Pasokan Jelang Idul Adha, Pj Bupati Brebes Cek Kesiapan Hewan Kurban di Wilayahnya

 

"Gerakan pramuka harus hadir dan menjadi solusi atas fenomena global agar mereka terhindar dari sikap individualis, kurang rasa gotong royong, dan jauh dari nilai-nilai Pancasila," ucapnya.

 

Dia menyebutkan, visi Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah yakni Inovatif dan Unggul untuk terwujudnya anggota Gerakan Pramuka Jawa Tengah yang berkarakter, berkecakapan hidup dan adaptif.

 

"Saya mengajak kakak-kakak menyatukan langkah untuk menyusun Rencana Kerja Kwarcab Brebes lima tahun kedepan, dengan menyelaraskan visi dan misi Kwarda Jawa Tengah sesuai kepentingan yang ada di Brebes demi mewujudkan kader bangsa yang tangguh, memiliki jiwa patriotisme dan semangat bela negara," terangnya.

 

Sementara itu, Ketua Kwarcab Brebes Emastoni Ezam menyampaikan, Muscab merupakan forum tertinggi Kwarcab yang bertujuan untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus Kwarcab masa bakti 2019-2024, menyusun rancangan program kerja Kwarcab 2024-2029, dan memilih pengurus Kwarcab periode selanjutnya. 

 

BACA JUGA: Dorong Kegiatan Pramuka Berkontribusi Bagi Masyarakat, Pj Gubernur Jateng: Harus Ada

 

BACA JUGA: Dewan Penggalang SMPN 2 Suradadi Latgab Pramuka dengan SMPN 2 Tarub, Ini Sasaran yang Dicapai

 

"Muscab juga menjadi wahana informasi dan komunikasi antara Kwarcab dengan Kwarran dalam upaya pengembangan gerakan pramuka di Brebes," jelasnya.

 

Emastoni berharap, Muscab dapat menghasilkan program kerja yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan kepramukaan di era digital, serta dapat memilih pengurus yang kompeten dan berdedikasi untuk memajukan gerakan pramuka di Brebes.

 

"Semoga Kwarcab Brebes dapat melahirkan praja muda karana milenial yang mumpuni berdaya saing dan berkarakter, melalui program kepramukaan yang beradaptasi dan berinovasi dengan tantangan kepramukaan dalam membersamai generasi Z," pungkasnya.

Sumber: