Punya Gedung Baru Pasca Kebakaran, Kepala BPN Brebes Siyamto : Apar Kami Gandakan

Punya Gedung Baru Pasca Kebakaran, Kepala BPN Brebes Siyamto : Apar Kami Gandakan

Pj Bupati (kanan) saat mengecek kantor BPN Brebes yang baru diresmikan.(istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Pasca musibah kebakaran beberapa waktu laku, saat ini Gedung Baru Kantor Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Brebes telah diresmikan Pj Bupati Brebes, Selasa 30 Juli 2024. Mengantisipasi kejadian serupa, Kepala ATR/BPN Brebes Siyamto mengatakan, APAR akan digandakan.

"Kita baru ada empat di bawah dan empat di atas, itu rencanannya akan kita gandakan," ungkapnya.

 

"Karena konsleting arus listrik dan APARnya tidak mampu mengantisipasi akhirnya menjadi musnah semuanya, kita upayakan semaksimal mungkin agar musibah tidak terulang lagi," lanjutnya.

 

Sementara itu, Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar menyampaikan, gedung BPN Brebes dibangun dengan mengutamakan aspek fungsionalitas dan kenyamanan. Harapnnyq, dengan bangunan baru ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan pertanahan kepada masyarakat.

 

BACA JUGA: 6.000 Sertifikat Tanah Terbakar, Kepala Kantor BPN Brebes Bilang Jangan Panik Data Elektronik Aman

 

BACA JUGA: Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Kantor BPN Brebes yang Hanguskan Dokumen PTSL 2023

 

"Dengan memiliki gedung kantor yang representatif dan modern, diharapkan akan mempermudah proses administrasi dan memberikan pelayanan yang lebih cepat dan efisien kepada masyarakat," jelasnya.

 

Dia menerangkan, kalau gedung baru ini merupakan aset yang berharga. Sehingga, tidak hanya dari segi material, tetapi juga dari segi fungsi dan pelayanan. Gedung ini juga dapat menjadi simbol semangat baru dalam pelayanan publik di Brebes.

 

"Dengan adanya fasilitas yang memadai, mari kita tingkatkan kinerja dan dedikasi kita dalam memberikan pelayanan terbaik. Semoga kita dapat menciptakan birokrasi yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat," ucpanya.

 

Kepala Kanwil ATR/BPN Jateng Dwi Purnama menyampaikan, kalau beberapa waktu lalu pihakny mengalami musibah kebakaran. Dan pelayanan sementara menggunakan gedung dan ruangan terbatas terutama untuk masyarakat kurang nyaman. "Alhamdulillah sekarang kita gunakan gedung baru," ucapnya.

 

BACA JUGA: UPDATE! Kantor BPN Brebes Kebakaran, Dokumen PTSL 2023 Hangus

 

BACA JUGA: Di Hadapan Peserta Rakor, Pj Bupati Tegal Ceritakan Perjalanan Karier di Kementerian ATR/BPN

 

Dwi mengatakan, di gedung baru loket dan tempat-tempat pengolahan data sudah bagus, tinggal nanti halaman parkir ditata, sehingga memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

 

Terkait pelayanan sertifikat elektronik, kata Dwi, Jateng sudah launching oleh Menteri Pertanahan RI dua mingguan lalu dan 35 daerah otomatis sudah pelayanan elektronik semua. Penting sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, maka diperlukan koordinasi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah, kejaksaan serta Aparat Penegak Hukum (APH).

 

"Sebetulnya sertifikat elektronik itu sama, masyarakat masih diberikan tanda bukti yang modelnya satu lembar, jadi lebih simpel. Yang lama mau merubah ke sertifikat elektronik pun bisa, ini yang perlu diketahui masyarakat," terangnya.

 

Sumber: