Pencurian Meteran Air di Kabupaten Tegal Marak, PDAM Terima 44 Laporan

Pencurian Meteran Air di Kabupaten Tegal Marak, PDAM Terima 44 Laporan

KOORDINASI - Kabag Hubungan Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Ayu menggelar koordinasi dengan Polres Tegal terkait maraknya pencurian meteran air di Kabupaten Tegal. -Hermas Purwadi-Radartegal.disway.id

SLAWI, radartegal.id - Pencurian meteran air di Kabupaten Tegal atau water meter (WM) marak beberapa waktu terakhir. Terhitung sejak Mei 2024, hingga saat ini terdapat 44 laporan kehilangan karena dicuri.

"Kejadian ini tersebar di wilayah Kecamatan Adiwerna, Talang, dan Kramat. Bahkan saat ini merambah di wilayah Slawi," ujar Dirut Perumda Air Minum Tirta Ayu Kabupaten Tegal KRAT Brahmono Weko  Pujiono ST, M.Eng melalui  Kabag Hubungan Pelanggan Ujang Tatang ST, Selasa, 30 Juli 2024 saat melakukan koordinasi dengan pihak Polres Tegal.

Diduga, pelaku pencurian meteran air di Kabupaten Tegal merupakan spesialis yang dilakukan sindikat beranggotakan lebih dari dua orang. Aksi tersebut juga dilakukan secara temporer atau musiman. 

Kebanyakan yang hilang yakni meteran air yang tidak ada boks pelindungnya. Pelaku hanya mengambil meteran air atau water meter model lama berbahan kuningan. 

BACA JUGA: Waspada Pencurian Meteran Air di Kota Tegal, Perumdam Minta Pelanggan Jangan Mudah Percaya

BACA JUGA: Marak Pencurian Meteran Air PDAM, Pelanggan Diminta Lebih Waspada

“Harga kuningan kan saat ini mahal, lagi pula yang diambil rata-rata meteran tanpa terlindungi boks yang berada di pinggir jalan,”  tegasnya.

Karena maraknya kasus pencurian meteran air di Kabupaten Tegal, masyarakat diimbau waspada. Warga juga bisa mulai mengantisipasi kehilangan dengan memasang gembok pada alat tersebut agar tidak mudah dicuri.

Pihaknya mengimbau kepada pelanggan agar selalu waspada dan menjaga keamanan meteran air di Kabupaten Tegal yang menjadi tanggung jawabnya. 

"Dan kami juga mengimbau dalam menjaga keamanan water meter diharapkan masih bisa diakses dan memudahkan petugas untuk melakukan pembacaan meteran air maupun melakukan perbaikan," tandasnya.

BACA JUGA: Terdampak Proyek Drainase di Pantura Pipa PDAM Pecah, Warga di Brebes Kesulitan Air Bersih

BACA JUGA: Keluhan Air Sumur Keruh dan Bau di Kota Tegal Terus Bermunculan, Warga: Sekarang Full PDAM

Tatang juga menegaskan bahwa petugas Perumda Air Minum Tirta Ayu tidak pernah melakukan pencabutan di malam hari. 

Sumber: