Tips dan Panduan Servis Motor Honda Kesayangan Agar Panjang Umur dan Nyaman Digunakan

Tips dan Panduan Servis Motor Honda Kesayangan Agar Panjang Umur dan Nyaman Digunakan

SERVIS MOTOR- Dengan tips dan panduan servis motor Honda kesayangan yang tepat, kendaraan akan lebih awet dan nyaman digunakan.-Dokumen-Radartegal.disway.id

Radartegal.id - Memiliki motor Honda yang selalu dalam kondisi prima tentu menjadi dambaan setiap pemilik. Karenanya, tips dan panduan servis motor Honda kesayangan berikut wajib disimak sampai selesai.

Karena, dengan mengetahui tips dan panduan servis motor Honda kesayangan yang tepat, kendaraan akan lebih awet dan nyaman digunakan. Perawatan yang baik dan servis rutin merupakan kunci utama untuk menjaga usia motor panjang umur. 

Beberapa tips dan panduan servis motor Honda kesayangan di sini mungkin sebagian sudah Anda ketahui. Namun, tidak ada salahnya untuk menyimak lagi dengan lebih detail.

Sehingga, Anda bisa lebih memahami tips dan panduan servis motor Honda kesayangan yang memang penting bagi kendaraan kita. Berikut ulasannya.  

BACA JUGA: Tips dan Trik Memastikan Performa Optimal Mobil Honda Agar Panjang Umur

BACA JUGA: Cek secara Berkala, Kenali Cara Merawat Sepeda Motor Honda Modifikasi Agar Tetap Aman dan Nyaman

Tips dan panduan servis motor Honda kesayangan

1. Ganti Oli Secara Berkala

Mengganti oli mesin secara rutin adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk menjaga performa motor Anda. Oli berfungsi melumasi dan mendinginkan mesin, sehingga mengganti oli secara berkala dapat mencegah keausan pada komponen mesin.

Biasanya, oli mesin perlu diganti setiap dua bulan sekali, atau tergantung pemakaian rutin. Kisaran harga oli mesin berkualitas untuk motor Honda adalah antara Rp40 ribu hingga Rp100 ribu per liter.

2. Periksa dan Ganti Filter Udara

Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke dalam mesin agar bebas dari debu dan kotoran. Filter udara yang kotor dapat mengurangi kinerja mesin dan mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

Periksa filter udara setiap kali servis berkala, dan ganti setiap 12.000 kilometer atau sesuai rekomendasi pabrikan. Harga filter udara untuk motor Honda biasanya berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp50 ribu.

BACA JUGA: Jangan Abaikan, Begini Tips Merawat Motor Agar Tetap Prima dan Nyaman

BACA JUGA: Honda Stylo 160, Desain Menarik dengan 6 Keunggulan Fitur Canggih yang Bikin Naksir Berat

3. Cek dan Atur Rantai

Rantai yang kendor atau terlalu kencang dapat mengganggu kenyamanan berkendara dan berpotensi menyebabkan kerusakan. Pastikan untuk memeriksa ketegangan rantai secara rutin dan lumasi rantai setiap 500 kilometer atau setelah terkena hujan.

Sumber: