Demi Uji Petik, Komisioner Bawaslu Kabupaten Tegal Rela Jalan Kaki di Lereng Gunung Slamet

Demi Uji Petik, Komisioner Bawaslu Kabupaten Tegal Rela Jalan Kaki di Lereng Gunung Slamet

UJI PETIK - Komisioner Bawaslu Kabupaten Tegal Sri Anjarwati bersama jajarannya saat melakukan uji petik pelaksanaan Coklit di Pedukuhan Kaliampel Desa Wotgalih, Senin, 15 Juli 2024.-Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

JATINEGARA, radartegal.id- Demi uji petik pencocokan dan penelitian (Coklit) data Pemilukada 2024 di Kabupaten Tegal, Komisioner Bawaslu rela berjalan kaki di lereng Gunung Slamet. Jajaran Bawaslu berupaya memastikan pelaksanaan coklit di Pedukuhan Kaliampel Desa Wotgalih Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal.

Untuk menuju ke Pedukuhan Kaliampel ini, memang cukup jauh. Rombongan dari Bawaslu tidak bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. 

Sehingga mereka harus rela jalan kaki menembus ladang jagung dan perbukitan.

"Kita memang jalan kaki karena tidak bisa dilalui kendaraan roda dua," ungkap Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten Tegal Sri Anjarwati MKom, di kantornya, Jumat 19 Juli 2024.

BACA JUGA: SDM Terbatas, Bawaslu Minta Ormas di Tegal Ikut Awasi Tahapan Pemilihan Serentak 2024

BACA JUGA: Komisi I DPRD Kota Tegal Panggil KPU-Bawaslu, Ketua: Bukan Intervensi

Pedukuhan terpencil itu, hanya dihuni 2 kepala keluarga (KK) dari 2 rumah.

"Di situ jumlah pemilihnya hanya tiga orang," kata Anjar.

Dia mengaku datang ke tempat tersebut untuk melakukan uji petik, pada Senin 15 Juli 2024. Tujuan uji petik Bawaslu ini adalah, untuk mengetahui apakah ada KK sudah dicoklit tetapi tidak ditempel stiker atau belum dicoklit tetapi sudah ditempel stiker. 

"Jika ditemukan itu, pengawas akan menyampaikan saran perbaikan kepada KPU,” kata Anjar, sapaan akrab Komisioner Bawaslu Kabupaten Tegal ini.

BACA JUGA: Apresiasi KPU dan Bawaslu, Ketua DPRD Memprediksi Pilkada 2024 di Tegal Hanya Diikuti 3 Paslon

BACA JUGA: Komisioner Bawaslu Kabupaten Tegal Awasi Coklit di Desa Blubuk, Sri Anjarwati: Rawan Joki Pantarlih

Anjar berharap, petugas Pantarlih benar-benar melakukan pencoklitan data pemilih KPU yang merupakan hasil sinkronisasi DP4+DPT Pemilu terakhir dengan dokumen pemilih atau warga. 

Sumber: