Jangan sampai Salah Pilih, Kenali 4 Cara Cek Minyak Zaitun yang Asli

Jangan sampai Salah Pilih, Kenali 4 Cara Cek Minyak Zaitun yang Asli

BANDINGKAN - Cara cek minyak zaitun yang asli bisa dilakukan dengan langkah-langkah sederhana, supaya tidak tertipu dengan produk yang palsu dan berbahaya.--

BACA JUGA: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Di antaranya Bisa Redakan Nyeri dan Kontrol Kolesterol

2. Coba Rasanya

Selain mencium aromanya, untuk memastikan lagi silahkan Anda coba rasakan minyak zaitun agar tahu apakah asli atau tidak.

Tidak perlu banyak-banyak, cukup cicipi beberapa tetes dan rasakan di lidah. Jika ada citarasa seperti rumput, buah, sayuran, sedikit rasa pahit, pedas, merica, dan mentega, itu berarti minyak tersebut asli dan terbuat dari buah zaitun yang murni.

3. Menelan Minyak

Cara cek minyak zaitun yang asli atau tidak bisa juga dilakukan dengan menelannya, khususnya jika Anda membeli minyak zaitun yang memang bisa dikonsumsi (bukan minyak untuk urut).

BACA JUGA: Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Salah Satunya Efektif Mencegah Penuaan Kulit

Menelan minyak zaitun yang asli tidak akan membuat tenggorokan terasa gatal atau batuk. Sebaliknya, jika Anda merasa batuk-batuk, tenggorokan gatal, maka bisa dipastikan minyak tersebut berkualitas rendah dan ada campuran bahan lain di dalamnya.

4. Taruh di Kulkas

Jika Anda tidak ingin mencoba 3 cara di atas tadi, Anda bisa mengecek kualitas minyak zaitun asli dengan cara menaruhnya di kulkas. Jika minyak zaitun yang memang berkualitas tinggi dengan buah zaitun murni, teksturnya akan berubah lebih kental dan warnanya lebih keruh di kulkas.

Sementara, jika minyak zaitun tetap berwarna jernih dan tidak mengental sama sekali meski disimpan di suhu dingin, maka berarti minyak tersebut berkualitas buruk.

Demikian informasi 4 cara cek kualitas minyak zaitun yang asli. Semoga dengan artikel ini, bisa membantu Anda dan bermanfaat untuk memilih minyak zaitun yang tepat. 

Sumber: