Ragam Olahan Ikan Asin di Tegal Cocok untuk Menu Makan Siang, dari Tumis hingga Goreng yang Menggugah Selera

Ragam Olahan Ikan Asin di Tegal Cocok untuk Menu Makan Siang, dari Tumis hingga Goreng yang Menggugah Selera

IKAN ASIN- Ragam olahan ikan asin di Tegal tidak hanya menjadi sajian lezat, tetapi juga mencerminkan kearifan lokal dan budaya kuliner masyarakatnya.--

TEGAL, radartegal.id - Tegal merupakan salah satu kota pesisir di Indonesia yang memiliki banyak sekali produk biota laut. Karenanya, jangan heran jika banyak olahan ikan termasuk ragam olahan ikan asin di Tegal yang bisa kita temui.

Ikan asin, yang diolah dari berbagai jenis ikan laut yang diawetkan dengan cara penggaraman, menjadi bahan utama dalam banyak hidangan tradisional yang bisa ditemukan di rumah-rumah makan maupun warung-warung kecil di Tegal. Ragam olahan ikan asin di Tegal ini tentunya cocok untuk jadi menu makan siang atau makan malam.

Dari tumis hingga goreng, ragam olahan ikan asin di Tegal ini menawarkan citarasa khas yang sulit dilupakan. Apa saja pilihannya?

Simak tulisan ini sampai selesai untuk mengetahuinya. Karena di sini akan ada ulasan mengenai ragam olahan ikan asin di Tegal yang bisa kamu cicipi atau contek di rumah.

BACA JUGA: 7 Kuliner Tegal Wajib Dicoba, dari Sate Kambing Muda yang Menggoda hingga Es Lontrong yang Segar

BACA JUGA: Ragam Kuliner Tegal Bikin Ngiler, Suguhkan Keanekaragaman Rasa yang Menggoda

Sejarah dan proses pembuatan ikan asin

Sebelum membahas ragam olahan ikan asin di Tegal, tentunya tidak salah jika kita mengenal terlebih dahulu bagaimana sejarah ikan asin dan proses pembuatannya. Pastinya, ikan asin telah lama menjadi bagian dari kehidupan masyarakat pesisir Tegal.

Proses pengasinan ikan bermula dari kebutuhan untuk mengawetkan hasil tangkapan laut agar dapat bertahan lebih lama. Mengingat nelayan Tegal sering melaut dalam jangka waktu yang lama.

Proses pengasinan ini tidak hanya menjaga kualitas ikan, tetapi juga memberikan rasa gurih yang khas. Ikan yang digunakan untuk diolah menjadi ikan asin sangat bervariasi, mulai dari ikan teri, ikan layur, hingga ikan kembung.

Ikan-ikan tersebut dibersihkan terlebih dahulu, kemudian direndam dalam larutan garam selama beberapa waktu hingga kadar air dalam ikan berkurang. Setelah itu, ikan dijemur di bawah sinar matahari hingga kering. Proses ini bisa memakan waktu beberapa hari, tergantung pada cuaca dan ukuran ikan.

BACA JUGA: Pengusaha Ikan Asin Minta Rencana Pengembangan Pelabuhan Tegalsari Dikaji Ulang

BACA JUGA: Cuaca Buruk, Harga Ikan Asin di Tegal Diprediksi Akan Naik

Ragam olahan ikan asin di Tegal

Sumber: