8 Bioskop Lawas yang Pernah Ada di Tegal, Kini Jadi Kantor Perbankan, Hotel, dan Rumah Makan

8 Bioskop Lawas yang Pernah Ada di Tegal, Kini Jadi Kantor Perbankan, Hotel, dan Rumah Makan

BERSEJARAH - Riang Theatre merupakan salah satu gedung bioskop lawas di Tegal yang dulunya kerap disesaki penonton.--

Kota dan kabupaten Tegal pernah menjadi barometer perkemaga perfilman di Tanah Air, dengan banyaknya berdiri bioskop-bioskop yang tak pernah sepi dari penonton. Kini bioskop lawas yang pernah ada di Kota Tegal itu, seluruhnya sudah gulung tikar.

Bahkan tempat tersebut mempunyai peranan penting, sebagai sarana hiburan sekaligus bagian dari budaya masyarakat. Bioskop lawas di Tegal tersebut menyajikan pengalaman menonton film yang penuh kenangan, mulai dari film-film lokal hingga internasional.

Nah, artikel ini akan mengajak Anda menelusuri jejak beberapa bioskop lawas di Tegal yang pernah menjadi saksi bisu dari perubahan zaman. Simak ulasan berikut ini yang kami kutip dari berbagai sumber.

BACA JUGA: JANGAN NONTON SENDIRI! Begini Cerita Mistis Pemain dan Penonton Film Susuk yang Tayang di Bioskop Tegal

8 bioskop lawas yang pernah ada di Tegal

1. Fortuna Bioskop

Fortuna Bioskop berdiri pada tahun 1950-an dan memiliki sejarah yang cukup panjang. Bioskop ini kemudian berganti nama menjadi RIANG Theater sebelum akhirnya pindah ke Jalan Udang. 

 

Fortuna Bioskop menjadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat Tegal untuk menonton film-film klasik yang populer pada masa itu.

2. Dewa Bioskop

Dewa Bioskop dikenal sebagai bioskop kelas pinggiran yang sering menayangkan film-film Bollywood dan film-film nasional yang sudah lama diputar. 

BACA JUGA: Jadi Film Lokal Tegal yang Masuk Bioskop, Turah Sempat Masuk Nominasi Academy Award

Meskipun terletak di pinggiran kota, Dewa Bioskop tetap memiliki tempat di hati para pecinta film, terutama bagi mereka yang ingin menikmati film dengan biaya yang lebih terjangkau.

3. Riang Bioskop

Sumber: