Hadir di Sidang Dugaan Nenek di Tegal Palsukan Surat untuk Pengurusan Sertifikat, Saksi Ahli: Unsur Terpenuhi

Hadir di Sidang Dugaan Nenek di Tegal Palsukan Surat untuk Pengurusan Sertifikat, Saksi Ahli: Unsur Terpenuhi

Sidang dugaan nenek di Tegal memalsukan surat untuk pengurusan sertifikat tanah--

TEGAL, radartegal.id - Dua orang Saksi Ahli dihadirkan dalam sidang kasus dugaan nenek di Tegal palsukan surat untuk pengurusan sertifikat tanah, Kamis 4 Juli 2024 siang. Keduanya merupakan saksi ahli yakni, DR. Umi Rozah, SH. M. Hum dan Unggul Basoeky, SH, MKn.

Seperti pada persidangan sebelumnya, setelah Ketua majelis hakim Indah Novi Susanti membuka persidangan, secara berganti para saksi ahli menjawab sejumlah pertanyaan. Baik dari JPU, Penasehat hukum dan Penasehat Hukum terdakwa.

Usai memberikan kesaksian, DR Umi Rozah, SH M.Hum mengatakan dirinya banyak menemui kasus seperti itu. Itu, mungkin sebagai bentuk keteledoran, padahal Kesadaran masyarakat untuk hal milik itu penting. 

"Seperti pada kasus ini, ada proses jual beli tanah lewat perantara, habis itu selesai. Tidak ada bagaimana proses jual belinya, tanahnya seperti apa, ini sangat beresiko," katanya.

BACA JUGA: Saksi Ahli Tidak Hadir, Sidang Dugaan Nenek di Tegal Palsukan Surat untuk Pengurusan Sertifikat Ditunda

BACA JUGA: 2 Penyidik Polisi Jadi Saksi dalam Sidang Dugaan Nenek di Tegal Palsukan Surat untuk Pengurusan Sertifikat

Umi, menilai untuk kasus itu unsurnya terpenuhi. Sebab, selama surat itu tidak sesuai fakta, maka itu palsu.

Sementara itu, usai mendengarkan kesaksian dua orang saksi Ahli, Ketua Majelis Hakim mengatakan akan kembali menggelar sidang pada Senin 8 Juli 2024 mendatang. Dengan agenda mendengar kesaksian dari saksi yang dihadirkan untuk meringankan terdakwa.

Isi SKW Berbeda dengan yang Ditandatangani Kepala Desa

Sebagai informasi, sidang kasus tersebut sudah digelar beberapa kali. Dalam persidangan sebelumnya, JPU juga menghadirkan saksi mantan Kepala Desa Muarareja Hendro.

Menurut Saksi Hendro, saat itu dirinya menjabat sebagai Pj Kades Muarareja. Dia merasa pernah disodori berkas untuk ditandatangani dari Wasno yang saat itu bertindak sebagai Carik atau Sekretaris Desa. 

 

BACA JUGA: Sidang Kasus Dugaan Nenek di Tegal Palsukan Surat untuk Sertifikat Tanah Digelar Lagi, Saksi: Isi SKW Berbeda

BACA JUGA: Majelis Hakim Putuskan Sidang Nenek di Tegal Diduga Memalsukan Surat untuk Sertifikat Tanah Dilanjutkan

Sumber: