12 Penyebab Motor Sulit Menyala, Tidak Selalu Karena Akinya Lemah

12 Penyebab Motor Sulit Menyala, Tidak Selalu Karena Akinya Lemah

12 Penyebab Motor Sulit Menyala Dan Solusi Perbaikan yang Tepat pict-istockphoto--

BACA JUGA: Mesin Motor Cepat Panas Padahal Baru Jalan 3 Kilometer, Ini Penyebab dan Solusinyanya

3. Karburator Kotor

Penyebab motor sulit menyala yang bisa terjadi berikutnya adalah bagian karburatornya kotor. Gejala yang bisa terjadi adalah mesin sulit menyala atau tidak stabil saat idle.

Untuk itu solusi perbaikan yang tepat adalah membersihkan karburator dari kotoran dan endapan, serta pastikan juga choke berfungsi dengan baik.

4. Saringan Udara Tersumbat

Ke empat, penyebab motor sulit menyala yang bisa terjadi lainnya adalah bagian saringan udaranya tersumbat. Gejala yang bisa terjadi adalah mesin susah menyala dan performa berkurang.

Solusi perbaikan yang tepat adalah periksa dan bersihkan saringan udara, serta ganti jika sudah terlalu kotor atau rusak.

BACA JUGA: Ini Jadwal Waktu yang Pas Servis Motor Listrik, Apa Bedanya dengan Motor Bensin?

BACA JUGA: 6 Penyebab Suara Knalpot Motor Matic Nembak, Nomor 4 Sebenarnya Bisa Diakalin

5. Bahan Bakar Tidak Masuk ke Mesin

Penyebab motor sulit menyala yang juga bisa terjadi adalah bagian bahan bakar tidak masuk ke mesin. Gejala yang bisa terjadi adalah mesin tidak menyala meskipun starter berfungsi.

Solusi perbaikan yang tepat adalah dengan periksa apakah ada cukup bahan bakar di tangki, serta pastikan tidak ada sumbatan di saluran bahan bakar.

6. Masalah pada Sistem Pengapian

Lalu berikutnya, penyebab motor sulit menyala adalah bagian sistem pengapiannya bermasalah. Gejala yang bisa terjadi adalah starter berfungsi tetapi mesin tidak menyala.

Solusi perbaikan yang tepat adalah periksa coil, CDI (Capacitor Discharge Ignition), dan kabel pengapian, serta ganti komponen yang rusak.

Sumber: