Tak Perlu ke Bengkel, Ini 8 Tips Menjaga Rem Motor Supaya Tetap Pakem

Tak Perlu ke Bengkel, Ini 8 Tips Menjaga Rem Motor Supaya Tetap Pakem

8 Tips Menjaga Rem Motor Supaya Tetap Oke Performanya pict-istockphoto--

radartegal.id - Apakah rem motor Anda kerap mengami masalah saat akan digunakan untuk mengurangi kecepatan kendaraan atau menghentikan motor? Pas banget nih pada artikel kali ini kami akan membahas 8 tips menjaga rem motor supaya tidak bermasalah saat digunakan.

Rem adalah bagian terpenting dalam motor, pasalnya jika tidak berguna dengan baik saat ingin digunakan maka akan membahayakan kendaraan dan juga pengendara. Karena itu, Anda perlu tahu 8 tips menjaga rem motor yang akan kami bahas di bawah ini.

Jangan sepelekan persoalan rem pada motor Anda, dan rawatlah semua komponen kendaraan Anda tersebut dengan baik. Kamu bisa mengikuti 8 tips menjaga rem motor yang akan kami bagikan berikut.

BACA JUGA: Kenali Penyebab Motor Matic Boros Bensin, Nomor 5 Jarang Disangka

BACA JUGA: Mesin Motor Cepat Panas Padahal Baru Jalan 3 Kilometer, Ini Penyebab dan Solusinyanya

Tips menjaga rem motor

1. Melakukan Pemeriksaan Rutin

Pertama, Tips menjaga rem motor yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin. Adapun hal-hal yang harus diperiksa adalah bagian minyak remnya, kampas rem, serta cakramnya.

Untuk pemeriksaan bagian minyak rem, jika dirasa teral mengalami pengurangan segera tambahkan dan periksa apakah ada kebocoran. Sedangkan untuk memeriksa kampas rem, lakukan dengan cek ketebalan kampas rem secara berkala.

Jika kampas rem dirasa sudah tipis, bisa segera untuk ganti baru guna menghindari kerusakan pada cakram atau tromol. Dan terakhir periksa cakram bisa dilakukan dengan memastikan cakram atau tromol rem tidak memiliki goresan atau keausan yang berlebihan. 

BACA JUGA: Ini Jadwal Waktu yang Pas Servis Motor Listrik, Apa Bedanya dengan Motor Bensin?

 

BACA JUGA: 6 Penyebab Suara Knalpot Motor Matic Nembak, Nomor 4 Sebenarnya Bisa Diakalin

2. Lakukan Pembersihan

Sumber: