Kenali Penyebab Motor Matic Boros Bensin, Nomor 5 Jarang Disangka

Kenali Penyebab Motor Matic Boros Bensin, Nomor 5 Jarang Disangka

Penyebab motor matic boros bensin dan cara mengatasinya--

BACA JUGA: Perbedaan Fitur Pengereman ABS dan CBS Motor Honda, Mana yang Cocok dan Lebih Aman untuk Anda?

BACA JUGA: Jadi Trendsetter dan Laris Manis, Berikut 5 Rekomendasi Motor Retro Klasik Terbaru di Tahun 2024

3.  Filter Fuel Pump Kotor

Filter fuel pump atau saringan pompa bahan bakar yang kotor dapat menghalangi aliran  bahan bakar, mengakibatkan tarikan  motor menjadi lebih berat atau bahkan mogok. 

Ini sering terjadi ketika pengguna mengisi bensin eceran yang mungkin tidak selalu bersih. Filter ini dapat dibersihkan, tetapi pada motor matic dengan jarak tempuh tinggi, sebaiknya diganti.

4.  Melemahnya Busi

Melemahnya percikan api menandakan melemahnya busi. Hal ini menghambat proses pembakaran untuk mencapai hasil yang optimal.  Akhirnya, daya gerak akan melemah, sehingga tenaga motor pun turut berkurang. 

Saat mengalami kondisi ini, sebagian besar pengendara cenderung akan menggenggam tuas gas dengan lebih kuat agar bisa melaju dengan cepat. Sayangnya, hal ini mengonsumsi banyak bensin. 

Melemahnya busi dapat diakibatkan oleh berbagai hal, seperti menempelnya kotoran sisa pembakaran atau karena busi motor memang sudah tidak baik lagi, termasuk menjadi penyebab motor matic boros bensin.  

BACA JUGA: 6 Penyebab Klakson Motor Matic Tidak Berfungsi dan Cara Memperbaikinya

BACA JUGA: Hadir Dengan Berbagai Macam Varian, Berikut Daftar Motor Terbaru Yamaha 2024 Dengan Keunggulannya

5. Cara Berkendara yang Buruk

Cara berkendara yang kurang baik juga bisa menjadi penyebab motor matic menjadi boros bensin. Contohnya menggeber-geberkan motor dan mempercepat laju motor secara tiba-tiba. Kedua hal itu bisa mengakibatkan pemborosan bensin. 

Cara mengatasi boros bensin  

Sumber: