6 Penyebab Klakson Motor Matic Tidak Berfungsi dan Cara Memperbaikinya

6 Penyebab Klakson Motor Matic Tidak Berfungsi dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Klakson Motor Matic Tidak Berfungsi.--

radartegal.id – Bagi Anda pengguna kendaraan roda dua, pasti pernah mengalami klakson motor tidak bunyi dan seringkali bingung apa penyebabnya. Berikut ini penyebab klakson motor matic tidak berfungsi.

Sebagai kendaraan, maka tidak jaran gsalah satu bagiannya pasti pernah mengalami masalah. Salah satunya klakson tidak bunyi, berikut ini penyebab klakson motor matic tidak berfungsi.

Tahukah Anda bahwa klakson menjadi salah satu komponen yang sangat penting untuk keamanan Anda, lho. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab klakson motor matic tidak berfungsi.

Dengan klakson maka bisa memberitahukan di mana posisi Anda, kecelakaan pun dapat Anda hindarkan. Berikut ini penyebab klakson motor matic tidak berfungsi.

BACA JUGA: 4 Perawatan Berkala Sepeda Motor yang Tidak Boleh Dilewatkan, Jangan Abai atau Katakan Bye-bye

Penyebab klakson motor matic tidak berfungsi

1. Baut Platina Klakson Bergeser

Salah satu penyebab klakson motor tidak bunyi yakni bergeser atau kendornya baut platina klakson yang terdapat pada motor Anda. Akibatnya, dapat menyebabkan getaran motor yang konstan dan dalam waktu yang cukup lama.

Apabila baut tersebut kendor, maka arus listrik antarmetal yang terdapat pada klakson Anda akan terganggu. Sehingga, lama kelamaan, suara klakson motor Anda akan mengecil dan dapat menghilang sewaktu-waktu.

2. Aki Motor Sudah Soak

Tahukah Anda bahwa penyebab klason motor matic tidak berfungsi yang paling umum terjadi yakni sumber kelistrikan utama pada komponen motor Anda. Jadi, Anda perlu mengecek aki motor apakah masih benar atau justru sudah soak.

BACA JUGA: Ini 6 Penyebab Masyarakat Indonesia Gampang Beli Motor Baru, Gengsi yaaa?

3. Kawat Lilitan Sudah Tidak Layak Pakai

Komponen yang satu ini memang dapat rusak sewaktu-waktu apabila sudah terlalu lama Anda gunakan. Diketahui, kaway lilitanpada komponen klakson dapat saja rusak, terkelupas, bahkan putus. 

Ada pun penyebabnya yakni karena penggunaan motor yang terus-menerus. Anda bisa cek kawat lilitan melalui servis, ya.

4. Metal kontraktor rusak atau kemasukan air

Tahukah Anda bahwa ternyata metal kontraktor motor dapat saja rusak atau pun kemasukan kotoran apabila klason tidak bunyi, lho. Kotoran yang masuk nantinya dapat membentuk karat lalu menumpuk dan mengendap.

Adanya karat ini dapat menghalangiarus listrik DC yang tersedia. Dengan begitu, klakson motor Anda tidak bunyi.

BACA JUGA: 5 Barang yang Tidak Boleh Ada dalam Jok Motor, Ternyata Masih Banyak Orang yang Bandel Menyimpannya

5. Kabel tidak sesuai kondisi selayaknya

Kabel yang tedapat dalam klakson ternyata menjadi salah satu komponen yang sangat penting, lho. Apabila susunan kabel tidak sesuai dengan posisinya, pemasangan platina tidakpresisi sehingga kabel kendor, maka dapat menyebabkan klakson motor Anda tidak mau menyala.

6. Saklar klakson berkarat

Penumpukan karat juga bisa menjadi penyebab klakson pada motor Anda tidak bunyi. Air atau kotoran yang menumpuk pada skalar klakson akan mengendapmenjadi karat.

Karat yang terdapat pada saklar ini dapat menghalangi arus listrik. Sehingga klaskon motor tidak mau menyala.

Selain mengetahui penyebab klakson motor matic tidak berfungsi. Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara memperbaiki klakson motor yang mati.

BACA JUGA: Kapan Waktu yang Pas untuk Ganti Oli Gardan Motor Matic? Ini Akibatnya Kalau Telat Ganti

1. Bersihkan saklar klason motor

Saklar kotor bisa menjadi penyebab klakson motor tidak berfungsi. Karena itu, Anda dapat membersihkan karat yang terdapat disekitar klakson tersebut dengan menggunakan cairan pembersih karat untuk rantai motor, ya.

2. Ganti aki motor

Cara selanjutnya untuk memperbaiki klakson motor yang mati yakni dengan mengecek aki motor. Hal ini karena, klakson menjadi salah satu bagian kelistrikan dalam motor, klakson sendiri akan sangat terpengaruh dengan kondisi aki.

3. Sambungkan kabel yang terputus

Sambungan kabel terputus bisa menjadi salah satu penyebab klakson motor Anda tidak menyala. Anda dapat memeriksa kabel klakson motor.

Kabel klakson tersendiri terbagi menjadi dua jenis yakni kabel masa dan kabel listrik. Apabila salah satu kabel tersebut putus, maka Anda bisa menyambungkannya lagi supaya klakson motor Anda dapat kembali  bunyi.

BACA JUGA: 7 Penyebab yang Membuat Rem Motor Skutik Blong dan Sering Terjadi, Perhatikan Lagi Teknik Pengeremannya

Demikian ulasan mengenai penyebab klakson motor matic tidak berfungsi. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Sumber: