Pakai Teknologi CVT Turbo, Ternyata Yamaha Nmax Bukan yang Pertama Kali Gunakan

Pakai Teknologi CVT Turbo, Ternyata Yamaha Nmax Bukan yang Pertama Kali Gunakan

Nmax Bukan Motor Pertama yang Pakai Teknologi CVT Turbo, Tetapi Motor Brand Otomotif Jepang Ini yang Pertama--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

Radartegal.id - Kehadiran Nmax Turbo yang menggunakan teknologi terbaru pada sistem CVT skutik tersebut, sempat membuat hype para pecinta otomotif. Namun, sebenarnya ada pabrikan otomotif lain yang lebih dahulu menggunakan teknologi CVT Turbo pada produknya.

Pertanyaannya, pabrikan otomotif mana yang lebih dulu memakai teknologi CVT turbo tersebut? Jawabannya adalah Suzuki.

Yup Suzuki ternyata sudah lebih dahulu menggunakan teknologi CVT turbo pada motor matic mereka. Bahkan sebelum Yamaha Nmax Turbo diluncurkan, produk Suzuki sudah menggunakan teknologi CVT elektronik.

Adapun teknologi CVT turbo ini pertamakali diterapkan pada Suzuki Burgman 650 melalui sistem yang disebut sebagai Suzuki electrical Control CVT (S-CVT). Kendati demikian, jika dibandingkan dengan Nmax Turbo, mekanisme CVT elektronik milik Suzuki pasti berbeda.

BACA JUGA: Saingi Honda Scoopy dan Yamaha Fazio, Berikut Keunggulan WMoto Letbe Neon Terbaru 2024

BACA JUGA: Teknologi Canggih Motor Yamaha Augur 155 CC, Lampunya Bisa Menyesuaikan dengan Suhu Lingkungan

Sejarah dan pengembangan S-CVT Suzuki

Penemu S-CVT adalah seorang pemimpin tim pengembangan S-CVT yakni Kazutoshi Ohashi dari Motorcycle Engineering Deign Deparment 3, Suzuki. Dia menerapkan teknologi S-CVT ini pada model Suzuki Burgman 650 yang dipasarkan di luar negeri dengan harga nyaris Rp200 jutaan.

Kemudian pengembangan dilakukan untuk menyempurnakan sistem CVT yang sudah efisien dengan mengintegrasikan kontrol elektronik pada mesin dan transmisi. Sementara untuk cara kerjanya ialah dengan mengatur diameter puli depan atau puli bergerak dengan motor aktuator elektrik.

Sedangkan kontrol elektronik akan menghitung rasio CVT berdasarkan kecepatan motor dan posisi throttle dengan menggunakan tiga sensor.

  • Sensor posisi puli depan
  • Sensor posisi cranksave
  • Sensor putaran puli belakang.

BACA JUGA: Siap Saingi Honda BeAT, Yamaha Mio ZR 125 Terbaru Tampil dengan Mesin Hybrid

BACA JUGA: Hadir Dengan Berbagai Macam Varian, Berikut Daftar Motor Terbaru Yamaha 2024 Dengan Keunggulannya

Adapun mode berkendaranya terbagi menjadi 3 mode yakni:

  • Mode normal, rasio CVT lebih optimal karena menekan konsumsi bahan bakar sampai ke minimum
  • Mode power, rasio CVT lebih tinggi khusus untuk style berkendara yang lebih sporty
  • Mode manual, rasio pengendara dapat memilih 5-speed berdasarkan rasio yang ditetapkan.

Perbandingan dengan Yamaha Nmax Turbo

Sumber: