Batasi Pendirian Toko Modern, Pemkot Tegal Diminta untuk Lebih Ketat dalam Pemberian Izin

Batasi Pendirian Toko Modern, Pemkot Tegal Diminta untuk Lebih Ketat dalam Pemberian Izin

DOKUMEN - Juru Bicara Fraksi PKB DPRD Kota Tegal Yusuf Albaihaqi menyerahkan dokumen sikap politik kepada Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri.-K. Anam Syahmadani-Radartegal.disway.id

TEGAL, radartegal.id- Diminta membatasi pendirian toko modern, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal diminta untuk lebih ketat dalam pemberian izin. Hal ini seperti disampaikan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kota Tegal dalam sikap politiknya belum lama ini.

Fraksi PKB meminta Pemerintah Kota Tegal membatasi jumlah pendirian toko modern. Terlebih Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan atas Perda Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penataan dan Pembinaan Toko Eceran, Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Swalayan telah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). 

Fraksi PKB memandang, kehadiran perda yang telah ditetapkan tersebut dapat menyelesaikan persoalan klasik. Seperti rivalitas kehadiran toko swalayan dan pusat perbelanjaan dengan pasar rakyat akibat zonasi yang terlalu dekat.

Termasuk jam buka tutup toko swalayan dan pusat perbelanjaan yang dianggap bisa menggerus segmentasi pedagang di pasar rakyat.

BACA JUGA: Swalayan dan Pasar Rakyat Kota Tegal Dilarang Berdekatan, Jaraknya Minimal 500 Meter

BACA JUGA: Ditata Kembali, Jam Pelayanan Minimarket Kota Tegal Tidak Bisa Lagi Seenaknya

Kemudian, berdirinya toko swalayan dan pusat perbelanjaan yang tidak sesuai desain Rencana Tata  Ruang Wilayah (RTRW), sulit dan minimnya kemitraan entitas toko modern (toko swalayan dan pusat perbelanjaan) dengan usaha mikro dan kecil, serta sulitnya pembinaan dan pengawasaan toko swalayan, pusat  perbelanjaan, dan lain sebagainya. 

Menurut Fraksi PKB, pembatasan jumlah pendirian toko modern diperlukan karena kian tersebarnya toko modern akan semakin menggerus segmentasi pedagang ecer. Terlebih, saat ini peluang izin pendirian berusaha sudah mulai terbuka dengan adanya Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko melalui Sistem Online Single Submission (OSS).

“Fraksi kami tetap berharap Pemerintah Kota Tegal lebih ketat dalam pemberian izin pendirian berusaha agar sinergitas antara pengusaha kecil dan pengusaha skala besar yang sudah berjalan terus terjalin dengan baik,” kata Juru Bicara Fraksi PKB Yusuf Albaihaqi dalam Rapat Paripurna Persetujuan Penetapan Dua Raperda Menjadi Perda beberapa waktu lalu.

Sehubungan waktu pelayanan atau jam buka tutup toko modern yang diatur dalam Perda Perubahan atas Perda Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penataan dan Pembinaan Toko Eceran, Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Swalayan tersebut, Yusuf melanjutkan, Fraksi PKB meminta agar diperhatikan dan disosialisasikan kepada masyarakat. 

BACA JUGA: Pertumbuhan Minimarket di Kota Tegal Diminta Dikendalikan, DPRD: Mengancam Toko Kelontong

BACA JUGA: Jadi Prioritas, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Margadana Kota Tegal Berencana Dirikan Minimarket

“Ini sangat diperlukan agar entitas usaha besar dan kecil dapat bertumbuh dan berkembang secara beriringan,” terang Yusuf.

Sumber: