Pernah Jaya! Ini 5 Bioskop Legendaris di Tegal yang Mengalami Kebangkrutan

Pernah Jaya! Ini 5 Bioskop Legendaris di Tegal yang Mengalami Kebangkrutan

bioskop legendaris kota tegal--

BACA JUGA: Sejarah Gedung Kantor Pos Kota Tegal, Saksi Bisu Ambisi Deandles Bangun Jalan Anyer-Penarukan

BACA JUGA: Berdiri Sejak Tahun 1929, Bangunan Hotel Strook Tegal Menyimpan Sejarah Kelam

Salah satu jejak awal kehadiran bioskop di Tegal adalah Bioskop REX dan ROXY. Keduanya menjadi gedung bioskop pertama di kota ini, dengan lokasi yang strategis di sekitar Alun-alun Tegal.  Meskipun tidak ada catatan pasti mengenai siapa yang lebih dulu beroperasi, tetapi diperkirakan keduanya telah ada sejak tahun 1930-an. 

3. Bioskop Omega

Bioskop Omega, yang sekarang berubah menjadi peternakan burung walet, tetap menyimpan misteri tentang sejarah dan masa-masa beroperasinya. Bioskop-bioskop legendaris di Tegal memiliki kenangan indah dari masa keemasan perfilman Indonesia. 

Meskipun kini terbengkalai dan menjadi bangunan kosong yang berayap, jejak sejarah mereka menyimpan pesona dan potensi untuk dihidupkan kembali. 

4. Bioskop Plaza Marina

Bioskop Plaza Marina, dulunya sebuah bioskop dua layar yang menjadi bagian dari pusat perbelanjaan Marina, kini telah beroperasi hanya dengan satu layar dan memutar film-film Indonesia.

BACA JUGA: Sejarah Taman Ratu Belanda di Tegal yang Menjadi Asal Usul Berdirinya Taman Pancasila

BACA JUGA: Sekarang Jadi Sarang Burung Walet, Berikut Sejarah Gedung Rakyat Kota Tegal atau Society de Slamat

5. Bioskop Rama

Bioskop Rama, yang dulunya berlokasi di perempatan timur MC Slawi, kini Telah berubah fungsi menjadi tempat billiard dan warung makan, mengenang masa-masa keemasan hiburan di Slawi.

                                       

Kesimpulan 

Bioskop yang mengalami kebangkrutan ini dulunya di ramaikan dengan film-film impor yang membuat masyarakat di setiap malam berbondong-bondong mengunjungi bioskop-bioskop yang ada di setiap sudut kota tegal.

Sumber: