Tak Perlu Andalkan Warisan, Ini 9 Cara Cerdas Gen Z Beli Rumah Tanpa Tapera

Tak Perlu Andalkan Warisan, Ini 9 Cara Cerdas Gen Z Beli Rumah Tanpa Tapera

GEN Z - Dengan cara gen Z beli rumah tanpa Tapera ini, Gen Z tidak harus tergantung pada bantuan pemerintah untuk memiliki rumah pertama. --freepik

radartegal.id - Generasi Z, atau yang sering disebut Gen Z, menghadapi tantangan dalam memperoleh kepemilikan rumah pertama mereka. Lalu apakah ada cara gen Z beli rumah tanpa Tapera?

Meskipun ada banyak program bantuan pemerintah seperti Tapera, masih ada cara lain yang dapat digunakan untuk membeli rumah tanpa bantuan tersebut. 

Padahal cara gen Z beli rumah tanpa Tapera mungkin saja bisa terjadi jika memiliki strategi tersendiri dengan mengatur keuangan secara mandiri.

BACA JUGA: Kim Jong Un Membangun Rumah untuk Rakyat Tapi Gak Pake Tapera, Kok Bisa Yah?

Berikut adalah beberapa strategi yang bisa diadopsi oleh Gen Z untuk mencapai impian memiliki rumah tanpa bergantung pada Tapera, yang kami kutip dari kabarbursa.com dan beberapa web lainnya. 

1. Menabung dan Meningkatkan Pendapatan

Langkah pertama dan paling mendasar adalah menabung secara disiplin. Mengalokasikan sebagian dari penghasilan setiap bulan untuk tabungan rumah adalah kunci. 

Selain itu, meningkatkan pendapatan juga sangat penting. Gen Z bisa mencari pekerjaan tambahan, freelancing, atau bahkan berwirausaha untuk meningkatkan pendapatan mereka. 

Dengan pendapatan yang lebih tinggi, cicilan rumah akan terasa lebih ringan dan lebih mudah untuk diatasi.

BACA JUGA: Pemerintah Terapkan Iuran Tapera, Begini Cara Netizen Menanggapinya

2. Memilih Rumah Sesuai Kemampuan Keuangan

Memilih rumah yang sesuai dengan kemampuan finansial adalah langkah bijak. Sesuai aturan yang umum, cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebaiknya tidak melebihi sepertiga dari penghasilan bulanan. 

Hal ini penting untuk menjaga kestabilan keuangan dan menghindari beban finansial yang berlebihan. Dengan memilih rumah yang sesuai dengan kemampuan, Gen Z dapat memastikan bahwa mereka tidak terjerat dalam utang yang tidak terkendali.

Sumber: