Cerita Dibalik Mitologi Burung Garuda yang Legendaris, Punya Peran Penting dan Simbol Tertentu

Cerita Dibalik Mitologi Burung Garuda yang Legendaris, Punya Peran Penting dan Simbol Tertentu

Cerita dibalik mitologi burung Garuda-freepik-

radartegal.id – Artikel ini membahas cerita dibalik mitologi burung Garuda yang cukup legendaris di Indonesia. Makhluk mitologi yang terkenal ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, yang bahkan menjadi lambang negara Indonesia.

Cerita dibalik mitologi burung Garuda ini juga sudah berkembang sejak lama di masyarakat. Tidak sedikit yang mempercayai tentang ceritacerita makhluk gagah satu ini.

Bukan sekedar hewan biasa, ada cerita unik dibalik mitologi burung Garuda. Bahkan kepercayaannya sudah ada sejak turun temurun, lho.

Selengkapnya di bawah sejumlah cerita dibalik mitologi burung Garuda yang bisa Anda ketahui. Mulai dari makna di beberapa kepercayaan sampai menyangkut cerita tokoh penting.

BACA JUGA: 5 Mitologi Seram di Berbagai Budaya dan Sangat Dipercaya, Ada yang Diangkat Jadi Film Terkenal Lho

Cerita dibalik mitologi burung Garuda

Burung Garuda merupakan salah satu makhluk legendaris dalam mitologi Hindu dan Buddha. Ia memiliki peran yang sangat penting dan juga jadi simbolis tertentu. Berikut diantaranya makna penting dari burung Garuda di beberapa kepercayaan.

1. Asal Usul dan Penampilan

Garuda merupakan burung raksasa berkepala manusia dan tubuh bersayap burung elang. Ia juga sering digambarkan memiliki paruh yang tajam dan sayap besar, selayaknya burung pada umumnya.

Di beberapa cerita, burung Garuda bahkan memiliki ukuran yang sangat besar. Saking besar tubuhnya bahkan bisa menutupi matahari dengan sayapnya.

2. Makna dan Simbolisme

Cerita mitologi burung Garuda lainnya, khususnya dalam agama Hindu yaitu merupakan wahana atau kendaraan (vahana) dari Dewa Wisnu. Beliau merupakan pemelihara dalam Trimurti (trias dewa utama Hindu).

BACA JUGA: 6 Mitos yang Terkenal di Bali dan Dipercaya sampai Sekarang, Salah Satunya Makhluk Mitologi Ini

Sumber: