Cerita Dibalik Mitologi Burung Garuda yang Legendaris, Punya Peran Penting dan Simbol Tertentu

Cerita Dibalik Mitologi Burung Garuda yang Legendaris, Punya Peran Penting dan Simbol Tertentu

Cerita dibalik mitologi burung Garuda-freepik-

Kepercayaan tentang burung Garuda dalam umat Hindu ini melambangkan kekuatan, keberanian, dan kecepatan. Ia dianggap sebagai musuh alami ular, khususnya naga yang sering dianggap sebagai simbol kekuatan jahat atau kegelapan.

3. Cerita Epik Mahabarata

Cerita dibalik mitologi burung Garuda selanjutnya yaitu terkait dengan Mahabarata, yang merupakan kisah epik Hindu terbesar. Ada cerita menyebutkan bahwa Garuda merupakan keturunan Kashyapa dan Vinata.

Adapun salah satu episode terkenal dalam kisah Mahabarata adalah saat Garuda mencari tirta amerta (air keabadian). Hal tersebut dilakukan demi menebus kemerdekaan ibunya, Vinata, dari perbudakan. 

Ia pun berhasil mendapatkan tirta amerta setelah melewati berbagai ujian dan mengalahkan para dewa dan raksasa. Cerita ini begitu terkenal dan jadi salah satu bagian yang tidak bisa terlupakan.

BACA JUGA: Mengenal Tiga Makhluk Mitologi dari Pulau Bali, Nomor 3 Cukup Familiar

4. Dalam Buddhisme

Kisah makhluk mitologi burung Garuda ini juga tidak lepas dari tradisi Buddhisme. Ia dikenal sebagai Khangarupa atau Tarkshya dan juga dianggap sebagai wahana dari beberapa Bodhisattva dan dewa.

Simbol Garuda dalam Buddhisme juga mewakili kemenangan atas kegelapan. Selain itu juga melambangkan keberanian dalam menghadapi rintangan spiritual.

5. Pengaruh Budaya

Cerita dibalik mitologi burung Garuda tidak hanya terbatas di India, namun juga sudah tersebar di seluruh Asia Tenggara termasuk Indonesia. Bahkan burung ini sering jadi simbol nasional dan digunakan dalam seni, arsitektur, dan kehidupan sehari-hari.

Penutup

Burung Garuda menyimpan makna dan kepercayaan tertentu yang sudah berkembang sejak lama, terutama untuk umat Hindu dan dalam tradisi Buddhisme. Secara keseluruhan, ia menjadi simbol keberanian dan kemenangan.

BACA JUGA: 5 Mitos Makhluk Mitologi Orang Bati yang Terkenal di Maluku, Mirip Kera Besar Bersayap Kelelawar

Sumber: