Apakah Risiko Ambil Pinjol Limit Besar atau Kecil Sama? Begini Perbandingan Keduanya

Apakah Risiko Ambil Pinjol Limit Besar atau Kecil Sama? Begini Perbandingan Keduanya

Risiko ambil pinjol limit besar atau kecil-freepik-

BACA JUGA: Daftar 4 Aplikasi Pinjol Semi Legal Terbaru Cepat Cair Walaupun Pernah Galbay Puluhan Juta

Versi ilegal : Kini banyak ada pinjaman online ilegal yang menyediakan limit besar, dengan syarat mudah. Namun tentu pinjol ilegal tidak memiliki regulasi yang jelas dan rentan memicu adanya penipuan, serta ada praktik bisnis tidak adil.

2. Pinjol dengan Limit Kecil

Jumlah hutang jika ambil pinjaman yang lebih kecil bisa lebih mudah dikelola dan dibayar kembali, dibanding ambil limit besar. Berikut ini risikonya.

- Risiko :

Suku bunga relatif : Risiko ambil pinjol limit besar atau kecil dalam urusan suku bunganya tidak begitu jauh beda. Meski ambil yang kecil, bunganya tetap bisa tinggi dan bisa membengkak jika tidak segera dibayar.

Ketergantungan berulang : Mengambil pinjaman online dengan limit kecil juga bisa memicu kecanduan. Sebab kemudahan aksesnya dan juga bisa jadi alternatif tercepat untuk mendapatkan uang.

BACA JUGA: Galbay Pinjol, Apakah DC Lapangan Kredit Pintar yang Datang Kerumah?

BACA JUGA: Perhatikan 7 Cara agar Aman dari Kejaran DC Pinjol, Debitur Harus Tahu Sebelum Pinjam Uang

Tips mengambil pinjaman online

Baik ambil pinjol limit besar atau kecil sebenarnya risiko yang bisa terjadi sama saja. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum meminjam uang di platform seperti ini.

1. Pastikan Anda mengajukan pinjol di layanan yang sudah legal atau resmi terdaftar di OJK. Hal ini untuk menghindari adanya risiko penipuan dan praktik tidak etis.

2. Pinjamlah sesuai nominal yang memang dibutuhkan dan jangan berlebihan. Usahakan pinjam sesuai dengan tenor sesuai yang disanggupi agar menghindari gagal bayar.

Sumber: