Galbay Pinjol, Apakah DC Lapangan Kredit Pintar yang Datang Kerumah?

Galbay Pinjol, Apakah DC Lapangan Kredit Pintar yang Datang Kerumah?

Ilustrasi DC lapangan Kredit Pintar yanga akan datang krumah untuk menagih.--

radartegal.id - Mungkin banyak di antara kita yang pernah atau sedang mengalami keterlambatan dalam membayar cicilan di aplikasi pinjaman online seperti Kredit Pintar. Salah satu kekhawatiran utama yang sering muncul adalah ancaman dari Debt Collector (DC) lapangan yang konon katanya akan datang ke rumah jika kita telat membayar. 

Tapi, apakah benar DC lapangan Kredit Pintar akan datang hanya karena telat 14 hari? Yuk, kita bahas bersama-sama!

Mitos DC Lapangan Datang Setelah 14 Hari

Menurut penjelasan dari Fintech ID di channel YouTube mereka, informasi bahwa DC lapangan otomatis akan datang ke rumah setelah telat bayar selama 14 hari ternyata tidak sepenuhnya benar. Faktanya, proses penagihan oleh DC lapangan biasanya baru dilakukan setelah keterlambatan yang lebih lama, umumnya di atas 30 hari atau satu bulan. Bahkan, di beberapa kasus, kunjungan DC lapangan bisa terjadi setelah 90 hari atau lebih.

Faktor Lokasi dan Nominal Hutang

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kapan dan apakah DC lapangan akan datang, salah satunya adalah lokasi tempat tinggal kita. DC lapangan tersebar di banyak kota di Indonesia, namun tidak semua kota memiliki DC lapangan. Kota-kota besar seperti di area Jabodetabek mungkin lebih cepat mendapatkan kunjungan dibandingkan kota-kota kecil atau daerah yang jauh dari pusat kota.

BACA JUGA: Benarkah Galbay di Pinjol EasyCash Bakal Didatangi DC Lapangan dan Masuk SLIK? Ini Kata Mantan Nasabahnya

BACA JUGA: Ajukan Pinjaman di 3 Pinjol Tanpa DC Lapangan dan Belum Masuk SLIK ini Bisa Aman dari Penagihan, Cek Syaratnya

Selain lokasi, nominal hutang juga menjadi pertimbangan. Jika nominal hutang besar, misalnya di atas 5 juta rupiah, kemungkinan besar Kredit Pintar akan memprioritaskan penagihan dengan DC lapangan. Sebaliknya, jika hutang hanya di bawah 1 juta atau 5 juta rupiah, dan terutama jika tinggal di daerah yang tidak memiliki DC lapangan, kemungkinan dikunjungi DC lapangan sangat kecil.

Ancaman Penagihan

Ketika kita telat membayar, tidak jarang kita menerima pesan atau telepon yang berisi ancaman bahwa DC lapangan Kredit Pintar akan datang ke rumah untuk menagih. Hal ini bisa terjadi meskipun keterlambatan baru beberapa hari.

Namun, penting untuk kita ketahui bahwa ancaman ini seringkali merupakan taktik untuk membuat kita segera membayar hutang. Kredit Pintar, seperti banyak penyedia pinjaman lainnya, menggunakan taktik ini untuk meningkatkan tekanan agar kita mencari cara membayar secepat mungkin.

Menghadapi DC Lapangan dengan Tenang

Sumber: