5 Mitos Burung Jalak Bali yang Terancam Punah, Konon Dipercaya Bisa Memanggil Hujan

5 Mitos Burung Jalak Bali yang Terancam Punah, Konon Dipercaya Bisa Memanggil Hujan

5 mitos burung Jalak Bali-Tangkapan layar YouTube/CRS bonsai-

BACA JUGA: 4 Mitos Burung Trucukan yang Jarang Diketahui Masyarakat, Yakin Masih Mau Pelihar?

BACA JUGA: 5 Mitos Burung Perkutut Bunyi pada Malam Hari Paling Dipercaya, Ada yang Bawa Sial!

2. Melambangkan Kebaikan 

Burung Jalak Bali juga dianggap sebagai simbol atau melambangkan kebaikan. Beberapa masyarakat setempat percaya bahwa kehadiran Jalak Bali di sekitar mereka adalah pertanda baik merupakan simbol keberuntungan. 

Pernyataan ini mungkin berkaitan dengan keindahan bulu Jalak Bali, maupun perilaku sosial burung ini yang terlihat dalam kelompok. Namun tentu keberuntungan seseorang tidak serta merta dikarenakan kehadiran burung ini, melainkan hanya kebetulan.

Meski begitu, banyak yang mempercayai Jalak Bali sebagai lambang keberuntungan. Tidak heran mengapa ada beberapa yang memelihara Jalak Bali di rumah.

3. Perlindungan dan Keberanian 

Mitos tentang burung Jalak Bali selanjutnya yaitu juga dipercaya sebagai penjaga yang melindungi suatu tempat atau individu tertentu dari bahaya. Selain keberuntungan, Jalak Bali ini juga digambarkan sebagai simbol keberanian dan juga ketangguhan.

BACA JUGA: Pandai Berkicau, Inilah 5 Mitos Memelihara Burung Kutilang, Benarkah Bisa Sebagai Tolak Bala Bagi Pemiliknya?

BACA JUGA: Mitos Burung Gagak yang Paling Populer dan Masih Dipercaya Masyarakat Indonesia

4. Keselamatan Lahan 

Makna burung Jalak Bali juga tidak lepas dikaitkan dengan peran spiritual. Di tengah upaya konservasi, ada beberapa yang menganggap Jalak Bali memiliki peran spiritual, serta simbolis dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup. 

Meski tidak ada yang bisa membuktikan korelasi tersebut, namun kepercayaan ini mungkin muncul sebagai cara untuk memotivasi atau membangkitkan kesadaran akan pentingnya pelestarian habitat Jalak Bali.

5. Kesaktian dan Kehidupan Abadi 

Sumber: