BPH Migas Ajak Warga Brebes Awasi Penggunaan BBM Bersubsidi

BPH Migas Ajak Warga Brebes Awasi Penggunaan BBM Bersubsidi

Masyarakat diajak untuk melakukan pengawasan penggunaan BBM Subsidi.(Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - BPH Migas menyelenggarakan kegiatan Sinergitas bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di Ballroom Hotel King Royal Kabupaten Brebes, kemarin. Dalam hal ini, pihak BPH Migas mengajak warga dalam pengawasan penggunaan BBM bersubsidi agar tepat sasaran. 

 

Hadir dalam acara ini Anggota Komisi VII DPR RI, Paramitha Widya Kusuma. Serta hadi juga perwakilan PT Pertamina Persero. Perwakilan BPH Migas Ade Mahendra dalam pemaparannya menyebutkan dukungan masyarakat untuk dapat melakukan pengawasan bersama mengenai pengunaan subsidi BBM sangat penting.

 

Ini agar dapat penyaluran BBM bersubsidi sampai ke konsumen pengguna yang berhak. “Saya ingin berterima kasih atas dukungannya, tentu juga dukungan masyarakat agar BBM yang bersubsidi atau berkompensasi ini dapat dirasakan oleh konsumen pengguna yang berhak,” ujarnya.

 

BACA JUGA: Jika Subsidi Gas 3 Kg dan Pertalite Dicabut, Jokowi Akan Ditulis dalam Sejarah Indonesia

 

Dia menerantkan, salah satu tugas dan fungsi BPH Migas adalah mengatur agar penyediaan BBM selalu tersedia di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Khususnya di wilayah Kabupaten Brebes

 

“BPH Migas juga bertugas menjamin agar pendistribusian subsidi BBM dan pemenuhan BBM cukup memenuhi kebutuhan masyarakat. BPH Migas juga melakukan pengawasan terhadap kelancaran pendistribusian maupun subsidi ini tepat sasaran,” ucapnya.

 

Dalam Peraturan BPH Migas Nomor 2 Tahun 2023 tentang Penerbitan Surat Rekomendasi, kata dia, menyebutkan untuk Pembelian Jenis BBM Tertentu (JBT) dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).

 

BACA JUGA: Harga Pertalite dan Gas 3 Kg Disebut Luhut Segera Naik Bertahap, DPR: Nanti Dulu, Itu Barang Subsidi

 

Harus tepat sasaran

 

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR RI Paramitha Widya Kusuma memberikan apresiasi terhadap upaya BPH Migas dalam melakukan peningkatan pemanfaatan gas bumi. Serta pendistribusian BBM bersubsidi tepat sasaran.

 

“Mudah-mudah pemahaman ini akan disampaikan ulang lagi kepada rekan-rekan yang belum sempat hadir agar mereka mengetahui tugas dan fungsi BPH Migas dalam mengawal subsidi BBM agar tepat sasaran,” ucapnya.

 

Sementara itu, Sales Branch Manager Tegal, PT Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah (JBT), Mohammad Taufik Ridwan Lubis mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat dalam pemahaman mengenai kebijakan hilir migas.

 

BACA JUGA: Gas 3 Kg Langka, Warga Pemalang Resah Pemkab Segera Cek Lapangan

 

Apalagi, lanjutnya, masyarakat Brebes sangat menyambut baik edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya subsidi BBM agar dapat dinikmati masyarakat yang berhak. "Sosialisasi bertujuan agar pendistribusian tabung gas elpiji ukuran tiga kilogram benar-benar tepat sasaran bagi warga," terangnya.

 

Menurutnya, sosialisasi sinergi ini penting agar digelar pendistribusian tabung gas elpiji tiga kilogram yang bersubsidi dapat tepat sasaran. Serta dapat dinikmati oleh masyarakat yang tidak mampu sesuai dengan program pemerintah pusat.

 

“Melalui kegiatan ini juga diharapkan harga eceran tertinggi Liquefied Petroleum Gas (LPG) tabung tiga kilogram di tingkat pangkalan dapat berjalan dengan baik,” tutupnya.

Sumber: