Ketahui 5 Tanda Motor Beat Bekas Bermasalah, Perhatikan Jangan Sampai Salah Beli!

Ketahui 5 Tanda Motor Beat Bekas Bermasalah, Perhatikan Jangan Sampai Salah Beli!

Tanda Motor Beat Bekas Bermasalah.--

Radartegal.id – Bagi Anda yang berencana untuk membeli motor honda Beat bekas, maka Anda perlu mengetahui tanda motor beat bekas bermasalah seperti berikut ini.

Seperti yang Anda ketahui bahwa Honda Beat masih menjadi pilihan populer karena memiliki harga terjangkau dan ketersediaan suku cadang yang melimpah. Berikut ini tanda motor Beat bekas bermasalah.

Seperti yang Anda ketahui bahwa mesin yang sehat menjadi kunci utama untuk bisa mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan terbebas dari masalah. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tanda motor Beat bekas bermasalah.

Tanda motor Beat bekas bermasalah

1. Terdapat Peningkatan Suhu Mesin yang Signifikan

Tahukah Anda bahwa salah satu tanda pertama dari mesin yang dinilai sudah mengalami overhaul yakni terdapat peningkatan suhu mesin yang tidak wajar. Jadi, meskipun motor sedang dikendarai dengan kecepatan rendah, namun suhu mesinnya terus meningkat.

BACA JUGA: 5 Tips Cek Motor Bekas Sebelum Membeli, Nomor 5 Harus Diperhatikan Agar Dapat yang Berkualitas

BACA JUGA: Akhirnya Honda BeAT 2024 Rilis 8 Varian Warna Baru yang Lebih Glossy dan Sporty, Warna Nomor 3 Paling Ditunggu

Hal ini dapat berpotensi menyebabkan maslaah series seperti overheating. Dengan begitu, kerusakan mesin akan lebih parah, lagi.

2. Kesulitan dalam Menyalakan Mesin Motor Bekas

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam menyalakan mesin motor bekas. Maka, hal tersebut dapat menjadi pertanda bahwa mesin telah mengalami overhaul.

Ada pun kesulitan dalam menyalakan mesin tersebut dapat disebabkan oleh kehadiran oli yang masuk ke dalam ruang bakar mesin. Sehingga, membuat busi menjadi basah dan mesin sulit untuk menyala.

3. Suara Mesin Motor Kasar atau Berisik

Pada saat Anda akan membeli motor bekas. Maka  perlu memperhatikan suara motornya kasar atau berisik yang tidak biasa.

BACA JUGA: Legend! Ini 5 Daftar Motor Bekas Murah, Spare Partnya Hanya Rp2-3 Jutaan

BACA JUGA: Rombak Total! Honda BeAT 2024 Terbaru Dilengkap Fitur Anti Maling dan Semakin Irit

Jika begitu, maka bisa menjadi tanda bahwa oli dalam mesin telah menyusut atau bahkan habis.  Perlu Anda catat bahwa kurangnya pelumasan yang memadai bisa menyebabkan gesekan berlebih antara komponen mesin, sehingga menghasilkan suara kasar atau berisik tersebut.

4. Keluar Asap Putih dari Knalpot

Ketika sedang melakukan tes. Maka Anda perlu perhatikan asap yang keluar dari knalpot, apabila berwarna putih maka bisa menjadi pertanda bahwa mesin telah mengalami masalah overhaul.

Asap putih yang satu ini mungkin saja disebabkan oleh oli mesin yang sudah terbakar di dalam ruang  pembakaran mesin. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat masalah series dalam sistem motor.

5. Performa Mesin Lemot atau Lemah

Tanda motor beat bekas bermasalah selanjutnya yakni mesin motor telah mengalami overhaul dan mungkin saja mempunyai kompresi yang lemah. Sehingga, hal tersebut dapat mengakibatkan performa mesin menjadi lemot atau kurang responsif.

BACA JUGA: Harga Mulai Rp10 Jutaan, 6 Rekomendasi Motor Bekas Siap Menemani Perjalanan Mudik Kamu

BACA JUGA: Harga OTR Honda BeAT Street 2024 di Tegal, Sepeda Motor yang Irit Banget Seliter Bisa sampai 60 KM Lebih

Dengan begitu, Anda mungkin saja akan mengalami kesulitan untuk mencapai kecepatan tinggi atau merasakan kekuatan mesin yang kurang dari biasanya. Mengapa demikian? Karena ausnya dinding silinder karena kurangnya pelumasan yang memadai.

Selain mengetahui tanda motor bekas beat bermasalah. Anda juga perlu mengetahui tips beli motor Beat bekas seperti berikut ini.

1. Periksa kilometer

Tahukah Anda bahwa salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika memutuskan untuk membeli motor bekas yakni perhatikan jumlah kilometer yang terlah ditempuh. Intinya adalah semakin sedikit kilometer yang telah ditempuh, maka akan semakin baik kondisi mesinnya.

Oleh karena itu, pastikan Anda untuk perhatikan atau memeriksa odometer dan pastikan bahwa angkanya konsisten dengan catatan servis motor, ya. Apabila terdapat ketidaksesuaian, hal ini bisa menjadi tanda bahwa terdapat hal yang  kurang beres.

BACA JUGA: Daftar Rekomendasi Motor Bekas Harga Rp5 Jutaan Masih Layak Pakai di Tahun 2024

2. Lihat riwayat servis motor beat

Selanjutnya yakni Anda perlu memastikan mengenai riwayat servis motor yang akan Anda beli. Diketahui, riwayat sevis yang teratur bisa menjadi indikator kuat bahwa motor tersebut sudah terawat dengan baik.

Anda juga dapat meminta pemilik sebelumnya untuk menunjukkancatatan servis atau faktur perawatan. Dengan hal ini, maka akan memberikan Anda gambaran mengenai kondisi motor dan apakah terdapat perawatan yang perlu Anda lakukan setelah pembelian.

3. Periksa surat-surat motor

Ketika membeli motor bekas, maka pastikan bahwa motor yang akan Anda beli memiliki semua dokumen yang diperlukan. Ada pun dokumen tersebut termasuk STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), faktur pembelian, dan dokumen lainnya.

Selain itu, pastikan juga apakah motor tersebut sudah dilengkapi dengan surat-suarat pajak terbaru. Dengan memastikan surat-surat lengkap menjadi salah satu langkah yang sangat penting supaya Anda tidak terlibat dalam masalah hukum.

BACA JUGA: Jangan Asal Pilih, Begini Pedoman Membeli Motor Bekas Honda Scoopy dan BeAT

BACA JUGA: Harga All New Honda BeAT 2024 OTR Tegal, Murah Mulai Rp18 Jutaan, Yakin Ga Minat?

Demikian ulasan mengenai tanda motor Beat bekas bermasalah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Sumber: