5 Bahaya Pinjol untuk Mahasiswa, Salah Satunya Kesejahteraan Mental dan Akedemis Terganggu

5 Bahaya Pinjol untuk Mahasiswa, Salah Satunya Kesejahteraan Mental dan Akedemis Terganggu

Bahaya Pinjol untuk Mahasiswa.--

Radartegal.id – Keberadaan pinjaman online atau pinjol kini semakin marak. Bahkan beberapa mahasiswa pun diketahui terjerat pinjol tanpa tahu bahaya pinjol untuk mahasiswa.

Pinjol diklaim menawarkan kemudahan pinjaman sehingga sering dijadikan sebagai solusi cepat dalam mengatasi kebutuhan finansial. Berikut ini, bahaya pinjol untuk mahasiswa.

Sebelum Anda memutuskan menggunakan layanan pinjol, Anda baiknya mengetahui apa saja bahaya pinjol untuk mahasiswa.

Belakangan ini banyak kasus mahasiswa terjerat pinjol. Tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut bukan? Oleh karena itu berikut ini bahaya pinjol untuk mahasiswa.

BACA JUGA: Warga Tegal Merapat! Begini Cara Halal Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk dan Bikin Sekarat

BACA JUGA: 5 Alasan Umum Pinjol Lebih Disukai dibanding Bank, Fleksibel dan Cair Cepat

Bahaya Pinjol untuk Mahasiswa

Belakangan ini diketahui banyak mahasiswa terjerat pinjol. Lalu, kira-kira apa yang menyebabkan mahasiswa dapat terjerat pinjol?

Berdasarkan yang penulis lihat, beberapa mahasiswa menggunakan pinjol untuk memenuhi tuntutan gaya hidup. Oleh karena, itu pemilihan teman sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Beberapa mahasiswa yang terjerat  pinjol pun sampai menyebabkan kepanikan tersendiri bagi keluarga atau keluarga terdekat. Karena pihak pinjol, ikut meneror kerabat terdekat.

Lalu, bagaimana bahaya pinjol untuk mahasiswa? Berikut penjelasan lengkapnya.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Pinjol Galbay 2024 Paling Aman, Aplikasinya Sudah Terdaftar di OJK Juga kok

BACA JUGA: 7 Cara Jitu Keluar dari Jeratan Pinjaman Online, Saran Langsung dari Mantan DC Pinjaman Online

1. Terjerat utang pinjol yang tak kunjung selesai

Tahukah Anda bahwa kebutuhan finansial yang mendesak sering menjadi penyebab seseorang mengambil pinjaman tambahan, lho. Hingga akhirnya mereka masuk dalam siklus utang yang tidak terputus.

Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk lebih dalam mengetahui tanda-tanda utang ini seperti kesulitan dalam membayar tagihan bulanan atau bergantung pada pinjaman supaya dapa memenuhi kebutuhan. Tanda-tanda ini perlu Anda perhatikan dan pikirkan dengan baik.

Karena apabila sudah terjerat dalam situasi tersebut, maka Anda perlu mencari bantuan. Hal ini perlu Anda lakukan supaya menemukan jalan keluar dari finansial tersebut.

2. Terjebak dalam bunga yang tinggi

Seperti yang Anda ketahui bahwa pinjaman online diketahui cenderung menawarkan tingkat bunga tinggi dan biaya tambahan yang dapat kapan saja meningkatkan beban keuangan. Diketahui, apabila terjadi keterlambatan pembayaran, maka bunga pinjaman online biasanya bertambah berkali-kali lipat.

BACA JUGA: 5 Tips Hapus Data Pinjol Terbaru 2024, Lakukan Cara ini Sebelum Teror DC Menghantui

BACA JUGA: Hati-hati Pinjam Uang di Aplikasi Pinjol Multifinance, Konsepnya Berbeda dengan Pinjol Biasa

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan dengan cermat mengenai biaya bunga yang  ditawarkan dan pertimbangan hal ini secara matang. Biasanya, awalnya pinjol menawarkan bunga rendah, tapi di pertengahan terdapat kenaikan bunga.

3. Data pribadi pinjol terancam disebar

Bahaya pinjol untuk mahasiswa selanjutnya yakni data yang digunakan pada saat melakukan proses pengajuan pinjol dapat kapan saja disalahgunakan. Kini, sudah banyak kasus  di mana pihak pinjol mengancam akan menyebarkan data pribadi pada para peminjamnya, lho.

Hal ini mereka lakukan karena, peminjam tidak membayar tagihan atau terlambat membayar. Gimana? Sedikit serem bukan, oleh karena itu pikirkan baik-baik ketika akan melakukan pinjol, ya.

4. Sulit mendapatkan pekerjaan

Hal utama yang sangat berdampak untuk mahasiswa ketika melakukan pinjol yakni sulit mendapatkan pekerjaan. Diketahui, kini sudah mulai banyak perusahaa yang mempertimbangka seleksi ketat bagi calon karyawannya berdasarkan kolektabilitas kredit.

BACA JUGA: 8 Cara Mengatasi Teror Pinjol Ilegal, Jangan Blokir Nomer DC Jika Tidak Ingin Dapat Risikonya

BACA JUGA: Warga Tegal Merapat! Begini Cara Halal Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk dan Bikin Sekarat

Kolektabilitas kredit sendiri merupakan tingkatan skor kredit dalam Sistem Layanan Informasi keuangan (SLK) yang  dinilai atas kemampuan membayar debitur (ketepatan pembayarran pokok dan bunga).

Ketika seseorang berstatus lancar dalam melakukan pembayaran maka akan mudah untuk mencari pekerjaan. Sebaliknya, apabila Anda memiliki skor jelek maka aka sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

5. Kesejahteraan mental dan akademis terganggu

Tahukah Anda bahwa bahaya pinjol untuk pelajar atau mahasiswa yang paling serius yakni kesejahteraan mental dan prestasi akademis terganggu. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa atau pelajar harus sebisa mungkin tidak terjerat dalam lingkaran pinjol.

Carilah alternatif lainnya  yang memiliki resiko lebih  rendah atau bergaullah dengan teman-teman yang tidak membuat  Anda diselimuti kehidupan hedonis namun kondisi keuangan tidak memungkinkan. Karena apabila sudah terjerat dalam utang pinjol, maka hal ini sangat sulit dan penting bagi Anda untuk mencari bantuan dari  konselor.

BACA JUGA: 15 Pinjol Legal OJK yang Sekarang Sudah Punya DC Lapangan Menyebar di Seluruh Indonesia

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Kecanduan Pinjol, Jangan Sampai Jadi Kebiasaan

Demikian ulasan mengenai bagaimana bahaya pinjol untuk mahasiswa. Semoga bermanfaat.

Sumber: