Pemkab Brebes Gelontorkan Alat dan Mesin Pertanian, Pj Bupati Bilang Begini

Pemkab Brebes Gelontorkan Alat dan Mesin Pertanian, Pj Bupati Bilang Begini

Pj Bupati Brebes (dua dari kiri pakai topi) saat mengecek alsintan yang diberikan kepada petani.(Istimewa)--

BREBES, radartegal,id - Pemkab Brebes melalui Dinas Petanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) setempat kembali menyakurkan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan), kemarin. Penyerahan alsintan dilakukan langsung oleh Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar.

Penyerahan alsintan diberikan secara simbolis oleh Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar kepada perwakilan Kelompok Tani (Poktan) di Brebes. Penyerahan dilakukan di Aula DPKP Kabupaten Brebes.

Dengan pemberian alsintan itu, Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar berharap bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para penerima. Serta dapat mempergunakan semaksimal mungkin. 

Bila belum bisa menggunakan, kata dia, bisa minta dibelajari dulu kepada yang sudah mendapatkan bantuan terdahulu. Ini agar alsintan itu bisa maksimal dan mengurangi cepatnya kerusakan mesin. Pahami betul teknik kemanfaatannya dan saling merawat secara berkala.  

BACA JUGA: Bantuan Pertanian Senilai Rp3,8 Miliar Diserahkan Sepanjang Tahun 2023, Pj Bupati Brebes Larang Hal Ini

BACA JUGA: Hasil Sensus Pertanian 2023, Jumlah Usaha Tani Perorangan Makin Menurun Dibandingkan 2013

"Ini adalah wujud perhatian pemerintah pada para kelompok tani. Sehingga untuk kedepannya bantuan hibah yang telah diberikan dapat menumbuhkan pertanian di Kabupaten Brebes dan juga sebagai penunjang hasil pertanian yang ada di wilayah Jawa Tengah", ujarnya. 

Dia menambahkan, hibah bantuan alsintan ini nantinya harus berkembang. Kemarin, pihaknya memberikan 18 unit tractor dan ke depan diharapkan bisa berkembang menjadi 36 unit dan seterusnya. 

Artinya, lanjutnya, bila dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya maka dapat meningkatkan hasil pertanian yang lebih maksimal. Bisa membeli lagi alsintan tractor dan berikan dengan sistem pinjam pakai. 

"Jadi gunakan alsintan ini dengan baik dan jangan lupa untuk merawatnya," pungkasnya.

BACA JUGA: 48 Hektare Hutan Lindung Gunung Slamet Rusak, Bupati Larang Aktivitas Pertanian

BACA JUGA: Disetujui, APBD Brebes 2024 Fokus Infrastruktur Hingga Pertanian

Kepala DPKP Brebes Yulia Hendrawati dalam sambutannya menyampaikan sebanyak 18 unit traktor roda dua merupakan bantuan hibah dari pemerintah pusat, 60 unit pompa air 3 inch Brigade dan 56 unit handsprayer.

Sumber: