Pemkab Brebes Gelontorkan Alat dan Mesin Pertanian, Pj Bupati Bilang Begini

Pemkab Brebes Gelontorkan Alat dan Mesin Pertanian, Pj Bupati Bilang Begini

Pj Bupati Brebes (dua dari kiri pakai topi) saat mengecek alsintan yang diberikan kepada petani.(Istimewa)--

Dengan bantuan itu, Yulia berharap para penerima dapat mengelolanya dengan baik dan bermanfaat dalam usaha tani. Tentu dengan adanya bantuan ini, pihaknya berpesan agar bisa dikelola dengan sebaik mungkin dan bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mewujudkan sektor pertanian yang tidak hanya maju, namun mandiri dan modern.

"Kelola dan jaga dengan baik bantuan yang baru diterima ini, sehingga hasil pertanian di Brebes bisa terus maju," terangnya.

Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Sapto Broto menambahkan bahwa saat ini baik TNI maupun pemerintah daerah sedang gencar-gencarnya memberikan bantuan pada para petani. Khususnya di Kabupaten Brebes. Ini tidak lain dalam rangka mengatasi darurat pangan. 

BACA JUGA: Demi Data Lahan Pertanian Berkualitas, Sosialisasi Geospasial Digencarkan Dinas KP Tan Kabupaten Tegal

Karena cuaca bulan kemarin, sejumlah daerah telah dilanda elnino dan ke depan dari BMKG juga memprediksi Juli hingga Agustus mendatang sudah mulai kemarau. Sehingga banyak perhatian dari Kementerian Pertanian kepada para petani, seperti Alsintan pompanisasi. 

Lebih lanjut Dandim mengatakan, bahkan Kodim sendiri juga mendapatkan bantuan pompanisasi sebanyak 40 unit dalam rangka untuk memperkuat sistem pompanisasi dan pipanisasi irigasi pertanian. Hal ini bisa membantu lebih banyak pertanian masyarakat sesuai apa yang telah diamanatkan oleh Kementerian Pertanian.

"Tujuan pompanisasi pengairan lahan sawah dilakukan karena kurangnya kebutuhan pengairan dari saluran irigasi yang ada sehingga petani memanfaatkan air tanah dengan cara pompanisasi untuk mencukupi kebutuhan pengairan pada lahan sawah agar sawah tetap bisa produksi," ucapnya.

"Bila terpenuhi kebutuhan air pada masa tanam akan meningkatkan hasil panen sehingga ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Brebes tetap terpenuhi" lanjutnya.

Dalam upaya mewujudkan swasembada pangan di wilayah Brebes, lanjutnya, Kodim 0713/Brebes siap membantu mengatasi setiap kendala yang dihadapi para petani di lapangan.

Sumber: