Bantuan Pertanian Senilai Rp3,8 Miliar Diserahkan Sepanjang Tahun 2023, Pj Bupati Brebes Larang Hal Ini

Bantuan Pertanian Senilai Rp3,8 Miliar Diserahkan Sepanjang Tahun 2023, Pj Bupati Brebes Larang Hal Ini

BANTUAN- Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar menyerahkan bantuan pertanian berupa di halaman Kantor DPKP Brebes. -EKO FIDIYANTO-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Sepanjang tahun 2023, petani di Kabupaten Brebes menerima bantuan pertanian senilai Rp3,8 miliar. Bantuan tersebut bersumber dari APBD maupun APBN.

Bantuan pertanian tersebut digunakan untuk prasarana pertanian, sarana alat mesin budidaya pertanian, sarana produksi untuk pengembangan kawasan pertanian. Termasuk sarana dan prasarana pascapanen dan pengolahan hasil tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan.

Bantuan pertanian yang diberikan ini juga termasuk pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT),  penyediaan infrastruktur pendukung kemandirian pangan, serta peningkatan diversifikasi dan ketahanan pangan masyarakat. 

"Saya berharap, bantuan ini dapat memberikan dampak positif dan membantu meringankan beban petani kita yang membutuhkan," kata Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar saat penyerahan simbolis bantuan pertanian berupa alsintan, Rabu 27 Desember 2023. 

BACA JUGA:3 Lembaga yang Memberikan Bantuan Melunasi Hutang Pinjol Secara Gratis, Simak Persyaratannya

Terkait bantuan pertanian ini, Iwan mewanti-wanti semua bantuan yang digelontorkan tidak sampai diperjualbelikan atau disalahgunakan. Selain itu, para camat, penyuluh, dan pendamping petani agar memberikan pemahaman yang tepat. 

Pj bupati menekankan pentingnya penggunaan bantuan pertanian pemerintah sesuai tujuan dan juga tentang larangan memperjualbelikan bantuan tersebut. Iwan juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus bersatu dan bergotong-royong dalam membangun daerah Brebes.

Berbagai bentuk bantuan pertanian sudah digelontorkan pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten. Hal ini merupakan bagian dari komitmen peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Bantuan untuk petani yang diserahkan hari ini bukan sekadar bantuan cuma-cuma, melainkan simbol dari perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap peningkatan kesejahteraan petani di Kabupaten brebes," tambahnya. 

BACA JUGA:Lahan Pertanian di Brebes Mengalami Pengurangan

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Brebes Yulia Hendrawati menambahkan, bahwa bantuan pertanian digelontorkan dalam rangka mendukung ketahanan pangan di daerah. Hari ini secara simbolis Pj Bupati menyerahkan bantuan sarana pertanian kepada 21 kelompok tani, Gapoktan, dan para petani di Kabupaten Brebes. 

"Hari ini secara simbolis menyerahkan kepada 21 penerima. Tapi total bantuan sepanjang tahun 2023 itu mencapai Rp3,8 miliar," tandasnya. (*)

Sumber: