6 Metode Pelunasan Hutang Pinjol yang Sering Digunakan Nasabah, Anda Pernah?

6 Metode Pelunasan Hutang Pinjol yang Sering Digunakan Nasabah, Anda Pernah?

6 metode pelunasan hutang pinjol -freepik-

3. Negosiasi Pelunasan 

Metode pelunasan hutang pinjol lainnya yaitu dengan melakukan negosiasi dengan kreditur. Kini ada beberapa platform pinjol yang bersedia diajak bernegosiasi pinjaman hutang.

Anda bisa lakukan negosiasi lewat telepon atau saat bertemu langsung dengan petugas penagih hutang. Nanti sekiranya Anda akan diberikan keringanan pembayaran hutang seperti penurunan bunga, denda atau sejenisnya.

Namun, biasanya tidak semua debitur akan diberikan keringanan ini atau program pelunasan hutang sejenis. Ada beberapa kriteria tertentu yang harus dipenuhi agar dianggap pantas mendapatkan keringanan pembayaran.

4. Refinancing (Refinansiasi) 

Cara membayar hutang pinjol berikutnya yaitu refinancing yang juga cukup sering digunakan. Metode ini merupakan proses mengambil pinjaman baru dengan suku bunga yang lebih rendah untuk membayar hutang yang ada. 

BACA JUGA: 5 Pinjol Tanpa BI Checking Terbaru, Paling Diincar yang Legal dan Aman

Trik melunasi hutang pinjol satu ini dapat membantu mengurangi pembayaran bulanan dan total biaya pembayaran. Istilah lainnya yaitu gali lubang tutup lubang.

Namun, tentu metode ini cukup riskan dan tidak disarankan jika Anda memiliki hutang kredit di banyak platform. Sebab, bunganya bisa membengkak ditambah lagi adanya biaya tambahan lain yang dibebankan.

5. Konsolidasi Hutang 

Metode pelunasan pinjol yang juga sering dilakukan yaitu konsolidasi hutang. Cara ini khususnya jika Anda memiliki pinjaman online di lebih dari 1 platform.

Anda bisa menggabungkan seluruhnya jadi satu pinjaman yang lebih besar dengan suku bunga yang lebih rendah. Anda akan terbantu dalam mengelola hutang dengan lebih efisien.

BACA JUGA: Apakah Pinjol Tanpa KTP itu Aman? Simak Jawabannya di Sini

6. Meningkatkan Pendapatan dan Mengurangi Pengeluaran 

Sumber: