5 Mitos Seputar Gerhana Bulan yang Banyak Dipercaya, Ada yang Masih Percaya??

5 Mitos Seputar Gerhana Bulan yang Banyak Dipercaya, Ada yang Masih Percaya??

5 mitos seputar gerhana bulan -freepik-

radartegal.id – Artikel ini mengulas 5 mitos seputar gerhana bulan yang populer dan masih banyak orang percayai. Gerhana bulan bukan hanya fenomena alam untuk sebagian orang, namun memiliki makna tertentu.

Mitos seputar gerhana bulan sering juga dikaitkan dengan hal-hal spiritual. Konon, saat ini jadi momen tepat untuk melakukan suatu hal yang bisa mendatangkan suatu kekuatan atau berkah khusus.

Tidak hanya itu, mitos seputar gerhana bulan lainnya juga dikaitkan dengan makhluk gaib. Malam gerhana bulan dianggap sebagai suatu hari yang sakral dan menyimpan makna tertentu.

Selengkapnya berikut 5 mitos seputar gerhana bulan yang masih dipercaya banyak orang. Mulai dari berkaitan dengan arwah sampai kegiatan spiritual.

BACA JUGA : 4 Mitos tentang Tumbal Proyek, Benarkah Jadi Salah Satu Syarat Pembangunan Sukses?

5 mitos seputar gerhana bulan

Gerhana bulan sendiri bisa terjadi saat bulan melintasi bayangan bumi. Biasanya momen ini terjadi 2 kali dalam setahun, yang mana ketika ketika terhalang bumi dan masuk wilayah umbra, bulan tidak mendapatkan cahaya matahari dan terjadilah gerhana.

Gerhana bulan menyimpan sejumlah mitos menarik dengan cerita yang berbeda-beda di tiap budaya. Berikut diantaranya yang paling sering terdengar.

1. Pengganggu Roh 

Di beberapa budaya, gerhana bulan ini jadi pertanda buruk maupun sebagai hasil dari aktivitas supernatural atau pengganggu roh. Sebagian masyarakat percaya bahwa gerhana bulan merupakan pertanda datangnya bencana atau peristiwa penting lainnya.

2. Pencurian Bulan 

Cerita mistis soal gerhana bulan berikutnya yaitu terkait tentang pencurian gaib. Tidak sedikit kepercayaan masyarakat bahwa makhluk atau dewa sedang mencuri bulan selama gerhana.

BACA JUGA : 5 Mitos Makanan yang Nyeleneh, Warga Tegal Masih Kerap Percayai Ada yang Bisa Bikin Sulit Dapat Jodoh

Sumber: