4 Mitos tentang Tarian Barong yang Konon Bisa Tangkal Kesialan, Ungkap Makna Khususnya

4 Mitos tentang Tarian Barong yang Konon Bisa Tangkal Kesialan, Ungkap Makna Khususnya

4 Mitos Tentang Tarian Barong yang Konon Merupakan Tari Penangkal Kesialan pict-istockphoto--

BACA JUGA: 5 Mitos Burung Perkutut Bunyi pada Malam Hari Paling Dipercaya, Ada yang Bawa Sial!

Mitosnya mengatakan bahwa pertarungan yang dilakukan pada tarian tersebut menggambarkan keabadian antara kekuatan yang baik dan kekuatan yang jahat.

3. Simbol Spiritual

Ketiga, mitos tentang tarian Barong berikutnya sebagai simbol spiritual. Dalam kepercayaan masyarakat Bali, Tarian Barong dipertunjukkan tidak hanya sekadar sebagai pertunjukan senisaja, akan tetapi juga memiliki dimensi spiritualnya tersendiri.

Ada keyakinan yang menyatakan bahwa tarian Barong merupakan wujud manifestasi dari roh leluhur yang dipercaya telah memberikan keberkahan sekaligus perlindungan kepada para masyarakat.

4. Penangkal Kesialan

Keempat, mitos tentang tarian Barong terakhir sebagai penangkal kesialan. Beberapa orang memiliki kepercayaan bahwasannya dengan menyaksikan pertunjukan Tari Barong dapat membawa keberuntungan sekaligus mengusir kesialan.

BACA JUGA: 5 Mitos Makanan yang Nyeleneh, Warga Tegal Masih Kerap Percayai Ada yang Bisa Bikin Sulit Dapat Jodoh

BACA JUGA: Mitos tentang Kucing Hitam di Beberapa Negara, dari Pertanda Buruk hingga Keberuntungan

Mitosnya juga menyatakan bahwa tarian ini punya kekuatan magis yang besar dan dimanfaatkan untuk mengusir energi negatif. Sehingga banyak yang percaya bahwa dengan pertunjukan tarian Barong ini dapat membawa kesejahteraan kepada mereka yang menyaksikannya.

Kesimpulan

Ada beberapa maksud dan tujuan mengapa tarian Barong dipentaskan. Sain sebagai upacara keagamaan, tarian ini dipercaya sebagian kalangan, terutama umat Hindu untuk mengusir hal negatif, memberikan perlindungan kepada para penonton, simbol spiritual, sekaligus dikatakan membawa kesejahteraan.

Tarian ini dilakukan dengan gerakan seperti bertarung untuk menangkal Rangda yang disimbolkan sebagai hal-hal yang buruk.

Nah itu dia tadi pembahasan mengenai 4 mitos tentang tarian Barong yang konon merupakan tari penangkal kesialan. Semoga bermanfaat.

Sumber: