4 Mitos tentang Tarian Barong yang Konon Bisa Tangkal Kesialan, Ungkap Makna Khususnya

4 Mitos tentang Tarian Barong yang Konon Bisa Tangkal Kesialan, Ungkap Makna Khususnya

4 Mitos Tentang Tarian Barong yang Konon Merupakan Tari Penangkal Kesialan pict-istockphoto--

Radartegal.id - Bali tidak hanya terkenal akan alamnya yang indah tetapi juga terkenal akan kebudayaannya yang tak pernah padam. Salah satunya ada tariannya yang selalu menarik untuk disaksikan. Pada artikel kali ini kami akan membahas 4 mitos tentang tarian Barong yang dipercaya masyarakat Hindu memiliki makna khusus.

Tarian Bali ada beberapa yang mengandung unsur magis. Namun tujuan dilakukannya tarian-tarian tersebut tentu punya pemaknaan sendiri yang baik. Berikut ini ulasan mengenai 4 mitos tentang tarian Barong.

Barong Bali memang terlihat menyeramkan yang ternyata ada tujuan tersendiri kenapa tarian tersebut dilakukan. Salah satunya untuk menangkal kesialan dan hal-hal yang sifatnya negatif.

Lalu apa sebenarnya 4 mitos tentang tarian Barong yang masih dipercaya masyarakat saat ini? Simak ulasan 4 mitos tentang tarian Barong yang konon juga merupakan tari penangkal kesialan.

BACA JUGA: Mitos Seputar Bayi di Berbagai Budaya, Percaya yang Mana Nih?

BACA JUGA: 4 Mitos tentang Tumbal Proyek, Benarkah Jadi Salah Satu Syarat Pembangunan Sukses?

Mitos tentang tarian Barong

Tarian Barong ini biasanya dipentaskan dalam berbagai upacara keamanaan, dipentaskan dalam festival, ataupun acara budaya lainnya di Bali. Selain dilihat dari aspek spiritualnya, adanya tarian Barong ini dipentaskan dengan tujuan untuk hiburan sekaligus menjadi sarana guna memperkenalkan dan mempertahankan budaya Bali.

1. Melindungi dari Bencana

Pertama, mitos tentang tarian Barong adalah memiliki keterkaitan dengan tujuannya yang mampu melindungi masyarakat dari bencana atau hal-hal terkait roh jahat. Barong dianggap sebagai makhluk mistis yang melambangkan kebaikan, kekuatan, dan perlindungan.

Mitosnya menyatakan bahwa Barong ini punya kekuatan magis yang besar dan berguna sebagai pelindung masyarakat dari roh jahat dan bencana-bencana yang tidak diinginkan.

2. Mengisahkan tentang Pertarungan 

Kedua, mitos tentang tarian Barong selanjutnya adalah mengisahkan tentang pertarungan. Tarian Barong biasanya menampilkan pertarungan antara Barong dan Rangda, di mana Barong sendiri dilambangkan dengan kebaikan, dan Rangda sendiri dilambangkan dengan keburukan.

BACA JUGA: Mitos tentang Kucing Hitam di Beberapa Negara, dari Pertanda Buruk hingga Keberuntungan

Sumber: