4 Makna Penting dalam Tradisi Moci di Tegal, Bukan Sekedar Minum Teh saat Bersantai

4 Makna Penting dalam Tradisi Moci di Tegal, Bukan Sekedar Minum Teh saat Bersantai

Ilustrasi. 4 makna penting dalam tradisi moci di Tegal-freepik-

BACA JUGA: Lebih Dekat dengan Tradisi Moci Masyarakat Tegal, Simbiosis Mutualisme yang Diwariskan Turun Temurun

2. Hospitalitas 

Makna penting tradisi moci di Tegal selanjutnya sesuai yang disebutkan sebelumnya, yaitu masih berkaitan dengan jamuan. Menyajikan teh poci kepada tamu merupakan bentuk kehormatan dan keramahan yang penting dalam budaya Tegal. 

Bukan sekedar menyajikan teh, namun moci ini juga menunjukan sambutan hangat dan perhatian terhadap tamu yang datang berkunjung. Jadi jangan heran jika Anda datang ke Tegal akan mendapatkan jamuan ini.

3. Kedamaian 

Arti dan tujuan dari tradisi minum teh poci di Tegal juga dikaitkan dengan kedamaian. Meminum teh poci hangat akan memberikan rasa nyaman dan juga relaksasi. Jadi, moci sering jadi momen untuk merenung atau sekadar menikmati ketenangan.

4. Tradisi Budaya 

Arti dari tradisi moci Tegal ini lebih dari sekedar kegiatan sehari-hari warga lokalnya, namun jadi warisan budaya yang dilestarikan. Nilai-nilai dan adat istiadat yang terkait dengan minum teh poci ini jadi bagian penting dari identitas budaya masyarakat Tegal.

BACA JUGA: Berbentuk Benteng, Sejarah Pasar Pagi di Tegal Dahulunya Menjadi Wilayah Keraton Kerajaan Mataram

BACA JUGA: Berbagi Cinta Lewat Tradisi Moci Khas Tegal, Simbol Keakraban Antara Nyong dan Koen

Penutup

Tiap daerah di Indonesia pastinya memiliki tradisi tertentu yang sudah berjalan sejak lama. Hingga kini, masyarakat lokalnya masih terus melestarikan tradisi yang sudah ada tersebut.

Begitupun dengan tradisi moci di Tegal yang memiliki makna penting, lebih dari sekedar menikmati teh di pagi atau sore hari bersama orang-orang terdekat. Jika ditarik secara garis besar, tradisi moci ini bertujuan untuk mengeratkan terus silahturahmi antar sesama.

Selain itu, teh poci ini juga sering jadi jamuan untuk pelancong yang datang. Menikmati teh poci ini juga sering dilakukan ketika ada gotong royong, musyawarah atau lainnya ramai-ramai.

Sumber: