Mitos Penunggu Sungai Pemali di Brebes, Kerap Minta Tumbal Setahun Sekali

Mitos Penunggu Sungai Pemali di Brebes, Kerap Minta Tumbal Setahun Sekali

mitos penunggu sungai pemali--

Konon, setiap tahunnya, kali pemali ini didiami oleh makhluk halus yang dikenal sebagai Lembudana dan Lembudini. Masyarakat mempercayai bahwa makhluk-makhluk ini berupa ular dengan kepala kerbau.Sayangnya, mitos ini juga menyertakan kisah tragis, di mana makhluk halus tersebut diyakini meminta tumbal setiap tahunnya, terutama dalam bentuk korban tenggelam.

Sebelum ada korban, konon ada isyarat-isyarat mistis yang dapat menjadi peringatan akan adanya tumbal. Salah satunya adalah riak air yang aneh atau penampakan buaya putih. Meskipun terkesan mistis, tetapi keyakinan ini mengakar kuat dalam budaya masyarakat setempat.

Legenda tentang Lembudana dan Lembudini tak hanya terbatas pada satu wilayah sungai. Kisah ini dikenal meluas, bahkan hingga ke sepanjang Sungai Pemali dari Pengempon Brebes.

Mitos ini tetap melekat dalam kepercayaan masyarakat, bahwa setiap tahunnya, penunggu sungai tersebut meminta korban jiwa sebagai tumbal.

BACA JUGA: Menjadi Tujuan Wisata Budaya, Berikut fakta Menarik Kampung Jalawastu di Brebes

Kesimpulan

Sungai Pemali Brebes memiliki cerita mitis yang cukup membuat bulu kuduk merinding.Berdasarkan mitos yang banyak beredar, sungai Pemali Brebes ini ada sebuah kerajaan ghaib yang mendiami sungai.Sungai Pemali Brebes ini cukup terkenal karena menurut mitosnya, sungai ini meminta tumbal satu tahun sekali.

Demikian informasi mengenai mitos-mitos sungai pemali semoga bermanfaat.

Sumber: