5 Mitos Makhluk Mitologi Orang Bati yang Terkenal di Maluku, Mirip Kera Besar Bersayap Kelelawar

5 Mitos Makhluk Mitologi Orang Bati yang Terkenal di Maluku, Mirip Kera Besar Bersayap Kelelawar

Ilustrasi. 5 mitos makhluk mitologi Orang Bati di Maluku-freepik-

BACA JUGA: Mitos Gunung Tampomas Banjarnegara, Kutukan 2 Cinta Sejoli yang Tidak Direstui

Menurut kepercayaan warga setempat dan orang-orang yang mengaku pernah melihat Orang Bati, ia memiliki perawakan mirip kera bertubuh besar. Namun, ia memiliki sayap yang lebar mirip kelelawar, taring dan kuku tajam, serta suara yang menyeramkan.

Warga juga percaya bahwa Orang Bati memiliki kekuatan gaib atau kekuatan fisik yang luar biasa. Mitos makhluk mitologi Orang Bati di Maluku ini tepatnya dipercaya hidup di Gunung Kairatu, Pulau Seram.

Ia akan berkeliaran di malam hari dengan memangsa anak kecil sebagai kesukaannya, serta hewan-hewan ternak. Hal ini kadang membuat warga takut akan kehadiran Orang Bati jika memang benar adanya.

3. Peran dan Interaksi dengan Manusia 

Orang Bati digambarkan menyerupai sosok yang cukup menyeramkan dengan ukuran yang tidak wajar. Namun, soal interaksi Orang Bati dengan manusia ini tidaklah bisa benar-benar dibuktikan.

BACA JUGA: Mitos Ular Buntung Penunggu Waduk Malahayu Brebes, Konon Kerap Jadi Penolong Pengunjung yang Tenggelam 

BACA JUGA: Mitos Bayi Lahir Tidak Menangis, Ini Penjelasan Menurut Ahli dan Medis

Sebagian ada yang mengatakan bahwa Orang Bati hidup untuk saling membantu. Namun di cerita lain, makhluk ini digambarkan sebagai hewan yang berbahaya dan cukup mengancam.

4. Mitos Perkawinan atau Hubungan 

Mitos makhluk mitologi Orang Bati di Maluku ini juga ada yang mengaitkannya dengan kisah romansa. Contohnya adanya kisah cinta Orang Bati dengan manusia yang akhirnya berujung konflik, serta ada tantangan tertentu dulunya.

5. Mitologi Lokal dan Warisan Budaya 

Meski digambarkan seperti sosok menyeramkan, Orang Bati tetap jadi salah satu mitologi lokal di daerah setempat. Terlepas dari benar tidaknya sosok ini, Orang Bati tetap jadi bagian dari cerita rakyat yang diceritakan dari generasi ke generasi.

Penutup

Sumber: