15 Urutan Kota dengan SDM Paling Maju di Indonesia, Tegal Nomor Pira yah Wir?

15 Urutan Kota dengan SDM Paling Maju di Indonesia, Tegal Nomor Pira yah Wir?

15 Urutan Kota dengan SDM Paling Maju di Indonesia, Tegal Nomor Pira Wir?-berita tegal terkini-radar tegal

Radartegal.id - 15 kota dengan SDM paling maju di Indonesia, apakah Tegal termasuk? Membangun bangsa tak lepas dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Semakin maju SDM, semakin cerah pula masa depan bangsa. Untuk mengetahui perkembangan kualitas SDM di Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) mengeluarkan data Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2023. Data ini mengukur tiga indikator utama: kesehatan, pendidikan, dan standar hidup.

Berdasarkan data IPM 2023, berikut 15 kota dengan SDM paling maju di Indonesia:

1. Yogyakarta

Yogyakarta menduduki peringkat pertama dengan skor IPM 84,57. Kota Pelajar ini terkenal dengan budaya dan pendidikannya yang berkualitas. Tak heran, Yogyakarta menjadi magnet bagi para pelajar dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Sejarah Stasiun Trem Uap di Tegal, Bukti Kota Bahari Maju di Era Kolonial Belanda

BACA JUGA: Matangkan Persiapan Upacara 1 Juni di Blok Rokan, Pemda Lakukan Ini Jelang Harlah Pancasila

2. Banda Aceh

Di urutan kedua, Banda Aceh menorehkan skor IPM 84,32. Ibukota Provinsi Aceh ini menunjukkan kemajuan pesat dalam pengembangan SDM, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.

3. Jakarta Selatan

Mewakili DKI Jakarta, Jakarta Selatan menempati posisi ke tiga dengan skor IPM 83,81. Sebagai pusat bisnis dan pemerintahan, Jakarta Selatan memiliki akses terhadap berbagai fasilitas penunjang kualitas hidup yang memadai.

4. Kendari

Kendari, ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara, berada di urutan ke empat dengan skor IPM 83,51. Kota ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengembangan SDM, terutama di bidang ekonomi dan infrastruktur.

Sumber: instagram @goodstats.id