Sosok Dewi Rantamsari Lelembut Penjaga Pantai Utara, Ternyata Dikenal Baik Oleh Warga Sekitar

Sosok Dewi Rantamsari Lelembut Penjaga Pantai Utara, Ternyata Dikenal Baik Oleh Warga Sekitar

sosok Dewi Rantamsari penjaga pantai utara--

TEGAL, radartegal.id- Kota Tegal yang dikenal dengan julukan Kota Bahari ini selain memiliki banyak makan khas dan tempat wisata yang menarik ternyata, kota ini memiliki banyak sekali mitos dan legenda didalamnya. Salah satunya adalah sosok Dewi Rantamsari yang konon memiliki kekuatan dan menjaga pantai utara. 

Melansir dari Youtube Tamta Journey, sosok Dewi Rantamsari sangat terkenal diwilayah tegal dan sekitarnya Beberapa wilayah yang juga mengenal sosok Dewi Rantamsari adalah Brebes, Cirebon, Indramayu dan Pemalang. Konon ia punya kekuatan yang dahsyat sehingga mampu menjaga pantai utara.

Sosok Dewi Rantamsari konon memiliki nama lain yaitu Dewi Lanjar. Konon katanya Dewi Rantamsari adalah adik dari Nyi Roro Kidul yang terkenal sebagai Ratu lelembut Tanah Jawa sosok Nyi Roro Kidul juga terkenal dengan kecantikan putri-putri Sunda.

Menurut cerita rakyat setempat, di daerah Brebes tepatnya terdapat suatu cerita tentang seorang penari Ronggeng yang legendaris berama Dewi Rantamsari. Sosok ini memiliki beberapa cerita yang berbeda. Berikut mitos sosok Dewi Rantamsari yang berkembang di daerah Kota tegal. Simak sampai selesai. 

BACA JUGA: Mitos Ular Kawat Masuk Rumah, Konon Merupakan 'Kiriman' dari Seseorang yang Beri Sinyal Ini

Mitos Sosok Dewi Rantamsari Lelembut Penjaga Pantai Utara Kota Tegal

Berbicara jagat misteri, mitos atau legenda di daerah Tegal akan mengingatkan kita pada kisah misteri Dewi Rantamsari sebagai penjaga laut Tegal. Salah satunya lagi Ratu Siluman Buaya Putih sebagai penjaga Kalipah yang bersemayam di wilayah Desa Padaharja, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal.

Dewi Rantamsari ternyata sangat dipuja dan disegani. Bahkan untuk hari-hari tertentu, ada sesaji khusus untuk menghormati Dewi Rantamsari. Yang menarik, para penari Sintren yang biasa meramaikan pesta sesaji itu, selalu kesurupan akibat dirasuki roh putri yang diyakini sangat cantik jelita ini.

Dewi Rantamsari ini konon menguasai pantai di 3 kota. Kota tersebut ada di pantai utara yaitu Cirebon, Brebes dan Tegal. Konon perwujudan sosok ini sangat cantik bagai bidadari. Biasanya ia akan mewujudkan dirinya dengan pakaian yang serba putih.

Masyarakat setempat sangat percaya dengan keberadaan Dewi Rantam Sari. Mereka percaya bahwa Dewi Rantam Sari adalah sosok yang baik hati dan suka membantu orang lain. Berdasarkan cerita Warga  setempat mengatakan bahwa ia melihat Dewi Rantam Sari sedang menunggangi kuda putih. Kuda putih tersebut sangat indah dan berbulu putih bersih.

BACA JUGA: 6 Mitos Burung Perkutut Bunyi di Malam Hari, Benarkah Pertanda Akan Datang Musibah?

BACA JUGA: Mitos Jembatan Brug Abang di Tegal, Jateng, Dulunya Tempat Kutil Mengeksekusi Warga

Dewi Rantam Sari mengenakan pakaian putih yang sangat indah. Warga tersebut sangat terkejut melihat Dewi Rantam Sari, tetapi ia juga sangat senang. Warga tersebut mengatakan bahwa ia merasa sangat beruntung bisa melihat Dewi Rantam Sari.

Sumber: