6 Mitos Burung Perkutut Bunyi di Malam Hari, Benarkah Pertanda Akan Datang Musibah?

6 Mitos Burung Perkutut Bunyi di Malam Hari, Benarkah Pertanda Akan Datang Musibah?

Mitos burung perkutut bunyi di malam hari --Tangkap layar YouTube Majalah Lovebird

Radartegal.id- Sebagian masyarakat Indonesia hingga saat ini masih mempercayai akan adanya mitos. Salah satunya yang terpopuler yakni mitos burung perkutut bunyi di malam hari.

 

Jika membahas mengenai burung perkutut tidak akan lepas dari mitos dan berkaitan dengan hal-hal mistis. Seperti mitos burung perkutut bunyi di malam hari yang konon katanya sebagai pertanda musibah.

 

Bagi pecinta burung, mendengarkan burung perkutut bunyi di malam hari merupakan hal wajar. Namun banyak orang yang coba menerka arti bunyian tersebut.

 

Lantas apa saja mitos burung perkutut bunyi di malam hari? Apakah memiliki arti di balik bunyi tersebut? Simak ulasannya di sini sampai akhir.

BACA JUGA: Bukan Sekadar Mitos, Ini 5 Tempat Paling Angker di Brebes yang Sering Dipakai untuk Tempat Uji Nyali

BACA JUGA: Kicau Mania Harus Tahu, Ini Mitos Burung Perkutut soal Keberuntungan sampai Lambang Kesetiaan

Dikutip dari kanal YouTube Majalah Lovebird, berikut ini 6 mitos burung perkutut bunyi di malam hari yang memiliki makna tersendiri:

 

 

1. Merasakan keberadaan makhluk halus

 

Mitos burung perkutut bunyi di malam hari yang pertama memiliki arti merasakan keberadaan makhluk halus. Kemungkinan makhluk halus tersebut tengah lewat saja maupun sedang berkomunikasi dengan burung perkutut.

 

Apalagi bunyi pada pukul 2 dini hari, burung perkutut tersebut seperti ingin memberi tahu ada sesuatu yang tidak biasa di sekitarnya.

 

2. Akan datang musibah

 

Kemudian dipercaya menandakan akan datangnya musibah. Apalagi jika burung perkutut tersebut bunyi di jam tengah malam.

 

Jika bunyi secara terus menerus, pemilik burung perkutut tersebut diminta mewaspadai kemungkinan erjadinya hal buruk yang mungkin akan datang.

BACA JUGA: Mitos dan Legenda Gunung Slamet yang Lekat dengan Ramalan Jayabaya tentang Keselamatan Pulau Jawa

BACA JUGA: Bikin Merinding, Ternyata Ini Makna Mitos Perkutut Bunyi Jam 1 Malam

3. Datangnya kesialan

 

Berikutnya mitos burung perkutut bunyi di malam hari menandakan datangnya kesialan. Kesialan tersebut biasanya berupa rumah tangga yang terganggu, kesulitan pekerjaan maupun kesulitan jodoh. 

 

Menurut ahli kejawen beberapa jenis burung perkutut yang membawa sial yakni perkutut buntel mayit, perkutut labuh geni dan perkutut kelabang kepipit. Namun mengenai hal tersebut adalah tidaklah mutlak, karena tergantung karakter burung perkutut tersebut.

 

Jadi jika burung perkutut memilih pemiliknya kesialan dipercayai tidak akan tidak akan terjadi.

 

4. Menandakan niat jahat

 

Menurut sebagian orang mempercayai kalau burung perkutut bisa menjadi pelindung bagi pemiliknya sehingga dihargai fantastis. Namun burung perkutut tersebut biasanya didapatkan dari alam liar maupun tempat yang dianggap keramat.

BACA JUGA: Unik! 4 Mitos Bunga Wijaya Kusuma yang Membuatnya Istimewa, Dipercaya Punya Kekuatan Magis

BACA JUGA: 5 Burung Perkutut Pembawa Hoki di 2024, Wajib Pelihara

Namun jika burung perkutut hasil penangkaran jarang dipercaya bisa menjadi pelindung pemiliknya. Burung perkutut dikatakan bisa jadi pelindung gaib agar pemilik terhindar dari niat jahat.

 

Jadi banyak yang beranggapan kalau burung perkutut bunyi di malam hari menandakan adanya niat jahat yang ditujukan kepada pemiliknya. Kalaupun memang terjadi terkadang yang menyebabkan kematian yakni burung perkututnya.

 

5. Kehabisan pakan dan minum

 

Selain beberapa mitos burung perkutut bunyi di malam hari seperti yang dijelaskan di atas. Ternyata terdapat alasan logisnya yakni burung perkutut kehabisan pakan dan minuman.

 

Jadi alangkah baiknya sebelum kamu tidur di malam hari, di sore kamu pastikan kamu mempersiapkan makanan atau minuman yang cukup. 

BACA JUGA: Mitos Menanam Pohon Dewandaru, Benarkah Pembawa Keberuntungan?

BACA JUGA: 4 Mitos Burung Perkutut, Ada Pertanda Datangnya Rezeki yang Melimpah

6. Silau lampu yang terlalu terang

 

Untuk terakhir burung perkutut tiba-tiba bunyi di malam hari adalah lampu yang lupa dimatikan di malam hari. Cahaya silau dari lampu tersebut dapat mengganggu penglihatan burung perkutut yang menyebabkan mereka berbunyi.

 

Nah itulah dia mitos burung perkutut bunyi di malam hari yang masih dipercayai. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Sumber: youtube