Tingkatkan Kompetensi, 300 Kepala SD se Kabupaten Tegal Digembleng dalam Upgrading Supervisi Akademik

Tingkatkan Kompetensi, 300 Kepala SD se Kabupaten Tegal Digembleng dalam Upgrading Supervisi Akademik

SUPPORT - Dinas Dikbud Kabupaten Tegal support Upgrading Kompetisi Supervisi Akademik Kepala SD se Kabupaten Tegal.-Hermas Purwadi-Radartegal.disway.id

SLAWI, radartegal.id- Sebanyak 300 kepala SD se Kabupaten Tegal mengikuti Upgrading Kompetensi Supervisi Akademik Berbasis Coaching bagi Kepala SD se-Kabupaten Tegal. Kegiatan itu digelar Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Tegal sebagai program kerja tahun pertama.

Komunitas penggerak di Kabupaten Tegal yaitu memfasilitasi kegiatan bagi kepala SD se Kabupaten Tegal berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal. Kegiatan tersebut berlangsung pada Sabtu, 25 Mei 2024 di Aula SMA Negeri 2 Slawi.

Lebih dari 300 kepala SD se Kabupaten Tegal dari 18 KWK mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini seperti diungkap Ketua Kombel Guru Penggerak Kabupaten Tegal Bunyamin yang mengapresiasi antusiasme peserta terhadap kegiatan tersebut. 

"Kami ucapkan terima kasih atas kolaburasi dan dukungan yang diberikan Dinas Dikbud serta Forum K3S di tiap KWK," ujarnya, Senin, 27 Mei 2024.

BACA JUGA: 14 Tahun Mengajar Baru Dilantik Jadi PPPK, Guru di Brebes Potong Rambut di Hadapan Ribuan Orang

BACA JUGA: Guru dan Kepala Sekolah di Tegal Dibekali Kemampuan untuk Menangkap Minat dan Bakat Peserta Didik

Terkait hal ini, Kabid PPTK Dinas Dikbud Nurhakhim menyatakan bahwa kegiatan semacam ini akan terus didukung oleh Dinas Dikbud dengan tujuan utama meningkatkan kompetensi kepala sekolah dan pendidik di Kabupaten Tegal. 

"Hal ini dalam rangka kemajuan pendidikan di Kabupaten Tegal," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Fakihhurochim melalui sekretaris dinas, Satiyo menambahkan bahwa materi kompetensi coaching bagi kepala SD se Kabupaten Tegal ini  disampaikan pembicara nasional, Hermanto Kosasih. 

Pembicara akan memberi bekal dan pengetahuan baru bagi kepala SD se Kabupaten Tegal terutama dalam melaksanakan supervisi akademik yang memberdayakan. 

BACA JUGA: Permendikbud No.2/2024 Picu Kenaikan UKT Perguruan Tinggi Negeri, Ini Besarannya di Beberapa PTN

BACA JUGA: Berlangsung 2 Hari, Karakter 113 Guru Kabupaten Tegal Digembleng

Dalam kegiatan ini, sekdin juga sekaligus mengukuhkan kepengurusan Kombel GP Kabupaten Tegal yang diharapkan akan tetap solid dalam menjadi katalis perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik. 

Materi coaching bagi kepala SD se Kabupaten Tegal diberikan dengan santai tetapi penuh makna. Pada sesi lanjutan setelah jam istirahat, Hermanto Kosasih mengajak peserta berlatih percakapan coaching dengan sejawat yang ada di sampingnya.

Sumber: