Berlangsung 2 Hari, Karakter 113 Guru Kabupaten Tegal Digembleng

Berlangsung 2 Hari, Karakter 113 Guru Kabupaten Tegal Digembleng

KARAKTER - Sejumlah guru SD, SMP, SMA se Kabupaten Tegal mengikuti pembinaan karakter di Gedung PMI, Selasa, 14 Mei 2024. -Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Berlangsung selama dua hari, karakter 113 guru Kabupaten Tegal digembleng sejak Selasa, 14 Mei 2024. Mereka mengikuti pembinaan dan pembentukan karakter di Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal Faqihurrohim, mewakili Pj Bupati Tegal saat membuka acara tersebut mengatakan, kegiatan penggemblengan karakter guru Kabupaten Tegal ini diikuti guru SD, SMP dan SMA. Dengan mengusung tema Bakti Pada Guru. 

"Pak Pj Bupati pernah mengatakan, bahwa masa depan anak-anak di Kabupaten Tegal tergantung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Maka dari itu, berikan skill pembelajaran yang baik kepada murid," ujarnya.

Faqih menghendaki, hasil dari bimtek untuk guru Kabupaten Tegal ini supaya diimplementasikan kepada anak didiknya. Berikan attitude yang baik kepada murid. 

BACA JUGA: Luncurkan Pojok Literasi Statistik, BPS Kabupaten Tegal Gandeng SMA Negeri 1 Slawi

Sehingga mereka bisa menjadi anak yang baik dan terhindar dari kenakalan remaja. Seperti tawuran, narkoba dan pergaulan bebas.

"Kegiatan pembentukan karakter guru ini sangat baik. Ini harus rutin dilaksanakan," kata Faqih. 

Faqih berharap, pembentukan karakter dengan pemateri dari dosen Undip Semarang ini supaya diikuti dengan baik.

"Pendidikan karakter ini kalau (kuliah) di Undip bisa satu semester lho. Tapi di sini cuma 2 hari. Makanya, ikutilah dengan baik," kata Faqih mewanti-wanti kepada para peserta.

BACA JUGA: Digelar 2 Hari, 179 Calon Guru Penggerak Kabupaten Tegal Ikuti Gelar Panen Hasil Belajar

Menurut Faqih, guru yang baik adalah guru yang dirindukan muridnya. Artinya, ketika sang guru tidak mengajar karena ada kepentingan, para murid akan mencarinya. 

"Jadilah guru yang seperti itu. Guru yang inspiratif, disukai oleh muridnya, dinanti-nanti kedatangannya," kata Faqih.

Kegiatan pelatihan guru Kabupaten Tegal ini merupakan kerja sama antara Charoen Pokphand Foundation Indonesia bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal.

Sumber: