Akhirnya Bisa Tidur Nyenyak, Ini Alasan Kenapa di Tegal Banyak Pabrik Teh

Akhirnya Bisa Tidur Nyenyak, Ini Alasan Kenapa di Tegal Banyak Pabrik Teh

Akhirnya Bisa Tidur Nyenyak, Ini Alasan Kenapa di Tegal Banyak Pabrik Teh--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

TEGAL, radartegal.id - Tegal dengan segala kearifannya memang selalu menjadi perhatian khusus orang yang mengunjunginya. Hal yang menarik dari kabupaten dan kota ini adalah kenapa di Tegal banyak pabrik teh?

Tegal sendiri terbagi menjadi dua wilayah yakni wilayah kabupaten dan wilayah kota. Meskipun terbagi menjadi dua wilayah, karakteristik keduanya tidak jauh berbeda.

Warganya tetap sama, ramah dan sopan. Tegal juga memiliki sejarah yang kental dengan tradisi orang minum teh.

Hal ini sudah terlihat bahkan sejak abad ke-17 sejak teh menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Tegal kala itu. Teh sendiri datang ke Tegal melalui impor dari China lalu menyebar hingga ke seluruh belahan dunia.

Tidak hanya itu, Pelabuhan Tegal yang saat ini masih beroperasi, menjadi saksi penting jalur perdagangan dunia kala itu.

BACA JUGA: Berbentuk Seperti Kastil, Ternyata Dulunya Gedung Lanal Tegal Merupakan Bangunan Bank

BACA JUGA: Sejarah Gedung Birao Kota Tegal, Ternyata Menjadi Bukti Perkretaapian Di Jawa Tengah

Untuk wilayah perkebunan teh Tegal saat ini terpantau ada 166 hektare, serta mampu memproduksi teh berkualitas premium. Bahkan setiap tahunnya, perkebunan teh di Tegal mampu menghasilkan daun teh lebih dari 56 ton per tahunnya.

Sayangnya produksi teh lokal belum dapat memenuhi kebutuhan sektor industri pengelolahan teh di Tegal. Karena itu, ada bahan baku teh yang dikirimkan ke Tegal dari Jawa Barat.

Industri teh di Tegal sendiri, kini sudah berkembang semakin pesat. Bahkan untuk sekarang saja sudah ada 10 perusahaan besar yang memperkerjakan 5000 tenaga kerja lokal untuk menghasilkan produk teh berkualitas. 

Hal ini juga menjawab pertanyaan orang-orang yang bertanya, kenapa di Tegal banyak pabrik Teh. Selain sudah adanya penanaman pohon teh sejak abad 18, Tegal menjadi rumah industri teh juga karena lahan tanam yang mendukung pertumbuhan daun teh.

BACA JUGA: Ada yang Sudah Berumur 200 Tahun, Ini 4 Masjid Bersejarah di Tegal yang Masih Digunakan sampai Sekarang

BACA JUGA: Kisah di Balik Kelezatan Tradisional Kupat Bongkok Tegal yang Legendaris Berkat Cita Rasa yang Unik

Beberapa perusahaan penghasil teh terkemuka yang ada di Tegal misalnya CV Gunung Slamet, PT Gopek, PT Toncity Indonesia, dan CV Duta Java Industri. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah yang sudah berhasil menciptakan industri teh di Tegal.

Sumber: youtube: halo brebes